Ada Gunungan Sampah dan Bekas Makanan di Belakang Rumah Satu Keluarga Tewas di Kalideres

TEMPO.COJakarta – Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi memimpin olah tempat kejadian perkara (TKP) lanjutan di rumah satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat.

Dalam olah TKP lanjutan hari ini, tim menemukan tumpukan sampah dan menunjukkan adanya bekas makanan.

“Temuan-temuan ini sifatnya saling melengkapi, sebagai contoh dalam olah TKP sore hari ini kita temukan gunungan sampah. Jadi bisa kita asumsikan sementara, nanti kita ahli yang menjelaskan. Kenapa buang sampah di dalam rumah? Tidak keluar?” ujarnya saat ditemui di TKP, Rabu, 16 November 2022.

Hengki mengatakan posisi sampah-sampah tersebut berada di bagian belakang rumah. Dia juga menyebut adanya sampah sisa makanan, tetapi tidak ingin disebut kapan sekiranya empat orang di dalam rumah itu makan sebelum meninggal dunia.

“Kita belum bisa menyimpulkan, cukup banyak ya. Ada beberapa bungkus makanan dan sebagainya, nanti yang bisa menyimpulkan kedokteran forensik,” tuturnya.

Penyelidikan kasus satu keluarga tewas menemukan titik terang 

Dia juga menyampaikan penyelidikan ini mulai menemui titik terang yang berhubungan dengan motif. Menurutnya ada beberapa motif yang sekiranya bisa dipatahkan.

Tetapi Hengki enggan membeberkan motif apa saja yang dimaksud.

“Nanti kesimpulan terakhir lah kita gak boleh disampaikan sekarang. Artinya banyak sekali temuan-temuan dari metode penyelidikan yang kami laksanakan, artinya banyak berkontribusi. Digital forensik memberikan petunjuk yang sangat penting, kedokteran forensik juga seperti itu. Laboratorium forensik terkait DNA dan sebagai macam juga memberikan petunjuk yang penting,” katanya.

Berdasarkan pantauan Tempo, hadir tim dari Polsek Metro Kalideres, Direktorat Reserse Kriminal Polda Metro Jaya, dan Puslabfor Polri, dan INAFIS (Indonesia Automatic Fingerprint Identification System). Mereka datang sekitar pukul 16.50 WIB sampai 18.00 WIB.

Sebagaian barang bukti yang sudah dikumpulkan kemarin dibawa kembali ke TKP. Barang tersebut terlihat jelas berupa buku bertema agama dan motivasi. Semuanya dikemas dalam tiga kotak kontainer dan plastik bening. Pasca olah TKP hari ini, semua barang-barang tersebut dibawa keluar lagi.

Awal penemuan empat jenazah di sebuah rumah di Kalideres

Sebagaimana diketahui, ditemukan empat jenazah di dalam rumah Blok AC5/7 Perumahan Citra Garden 1 Extension, Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis, 10 November 2022. Mereka yang sudah meregang nyawa adalah Rudyanto Gunawan (laki-laki 71 tahun), Renny Margaretha Gunawan (perempuan 68 tahun), Dian Febbyana Apsari Dewi (perempuan 42 tahun), dan Budyanto Gunawan (laki-laki 68 tahun).

Rudyanto adalah suami dari Renny, Dian merupakan anak dari mereka. Sedangkan Budyanto merupakan adik dari Rudyanto.

Hasil autopsi sementara, tidak ditemukan sisa makanan dalam lambung mereka. Waktu kematiannya diduga berbeda-beda dan tidak ada bekas tanda-tanda menerima kekerasan pada jenazah.

Kemarin, tim Puslabfor Bareskrim Polri melakukan cek suhu dan kelembapan ruangan dalam rumah di Kalideres tersebut. Langkah itu untuk memperkuat bukti kapan jenazah meninggal dan berapa lama membusuk.