Andrea Dovizioso Pensiun dari MotoGP, GP San Marino Jadi Balapan Terakhir

Pebalap Italia, Andrea Dovizioso, resmi pensiun dari ajang MotoGP. Dovizioso akan mengakhiri kariernya pada balapan di kampung halaman, Sirkuit Misano di GP San Marino.

Keputusan tersebut diumumkan oleh Dovizioso pada Kamis (4/8). Adapun, pebalap WithU Yamaha RNF tersebut mengaku MotoGP telah banyak perubahan.

Dovizioso sendiri belum mampu bersaing pada musim 2022 dengan motor Yamaha YZR-M1 miliknya. Perubahan persaingan di MotoGP juga membuatnya tak nyaman.

“Dalam beberapa tahun terakhir MotoGP telah banyak berubah. Situasinya sangat berbeda sejak saat itu, saya tidak pernah merasa nyaman dengan motornya,” tutur Dovizioso dikutip dari laman resmi MotoGP.

“Saya belum bisa memaksimalkan potensinya meskipun ada bantuan yang berharga dan berkelanjutan dari tim dan seluruh Yamaha. Hasilnya memang negatif, tapi di luar itu, saya tetap menganggapnya sebagai pengalaman hidup yang sangat penting,” tambahnya.

Dovizioso mulai berkarier di kelas utama bersama Scot Racing Team sejak musim 2008 silam. Semusim setelahnya, ia kemudian bergabung dengan Repsol Honda Team.

Pada 2012, Dovizioso bergabung dengan Yamaha, namun kerja sama tersebut hanya berumur semusim. Setelahnya, ia pindah ke Ducati selama delapan musim sebelum kembali lagi ke Yamaha.

Sepanjang kariernya di MotoGP, Dovizioso hingga kini telah mencatatkan 245 balapan. Ia memenangi balapan sebanyak 15 kali dan naik podium 62 kali.

Performa terbaik Dovizioso datang bersama Ducati. Pebalap 36 tahun itu pernah menjadi runner-up selama tiga musim beruntun sejak 2017 hingga 2018.

Balapan terakhir Dovizioso akan terjadi di GP San Marino, Sirkuit Misano, Italia, 4 September mendatang. Pebalap cadangan Yamaha, Cal Crutchlow, akan mengisi kursinya di sisa musim.

“Petualangan saya akan berakhir di Misano, tetapi hubungan dengan semua orang yang terlibat dalam tantangan ini akan tetap utuh selamanya. Terima kasih semua,” tutup Dovizioso.