Anomali Alexander Arnold di Southampton vs Liverpool

Bek sayap Liverpool Trent Alexander-Arnold tampil mengecewakan saat readyviewed The Reds takluk 0-1 dari Southampton pada pekan ke-17 Liga Inggris di St. Mary’s, Selasa (5/1) dini hari WIB.

Arnold biasanya tampil memikat di sisi kanan Liverpool. Bek kanan asal Inggris itu kerap jadi aktor yang mengawali serangan dan memanjakan trio lini depan Liverpool dengan umpan-umpan akurat.

Namun, performa apik itu gagal ditampilkan Arnold saat Liverpool secara mengejutkan dipecundangi Southampton. Ia justru tampil tidak dalam penampilan terbaik di laga tersebut.

 

Dilansir dari Daily Mail, Arnold tercatat 38 kali memberikan bola kepada pemain lawan selama 77 menit berada di lapangan. Jumlah kesalahan itu jadi yang paling banyak di Liga Inggris musim ini.

Liverpool's Roberto Firmino reacts following the English Premier League soccer match between Southampton and Liverpool at St Mary's Stadium, Southampton, England, Monday, Jan. 4, 2021. (AP Photo/Adam Davy,Pool)Liverpool kalah di markas Southampton. (AP/Adam Davy)

Secara statistik, Arnold memberikan bola kepada pemain lawan sebanyak satu kali setiap dua menit. Penampilan buruk itu pula yang membuat Arnold ditarik keluar oleh Jurgen Klopp untuk digantikan pemain serba bisa, James Milner.

Sebelum itu, Arnold juga pernah membuat catatan negatif lain saat Liverpool meladeni Leicester City. Pemain berusia 22 itu kehilangan penguasaan bola sebanyak 49 kali sekaligus jadi yang terbanyak dalam sejarah Premier League.

Secara keseluruhan, para pemain Liverpool tampil tidak dalam level terbaiknya saat dikalahkan Southampton. Bahkan, tim tamu butuh 75 menit untuk melepaskan tembakan tepat sasaran ke gawang Southampton yang dikawal Fraser Forster.

Selama 90 menit, Arnold dkk melakukan 17 upaya untuk mencetak gol tetapi hanya satu yang bisa mengarah ke sasaran. Hal ini menunjukkan Liverpool memiliki masalah dalam hal penyelesaian akhir.

Kekalahan di markas Southampton juga membuat Liverpool gagal menjauh dari kejaran Manchester United. Kendati masih di puncak klasemen, Liverpool hanya unggul selisih gol dari The Red Devils.