Argentina Lolos ke Final Piala Dunia 2022 Usai Libas Kroasia 3-0

TEMPO.COJakarta – Timnas Argentina berhasil melangkah ke partai final Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 3-0. Bertanding di Lusail Iconic Stadium pada Rabu WIB, 14 Desember 2022, Lionel Messi dan Julian Alvarez berhasil menjadi bintang kemenangan La Albiceleste. 

Pelatih Argentina Lionel Scaloni membuat perubahan strategi pada pertandingan tersebut. Dengan formasi 4-4-2, ia membuat para pemain Tim Tango bermain dengan garis pertahanan yang dalam. Strategi itu berhasil setelah Argentina mencetak dua gol memanfaatkan lubang di garis pertahanan Kroasia. 

Gol penalti Lionel Messi dan aksi individu Julian Alvarez membuat Argentina unggul 2-0 pada babak pertama. Keunggulan itu mereka dapatkan meski kalah dala penguasaan bola. Berdasarkan statistik pertandingan, meski hanya menguasai 38 persen bola, Argentina mampu mencetak enam peluang dengan empat di antaranya mengarah ke gawang.

Tertinggal dua gol pada babak pertama, Kroasia melakukan sejumlah perubahan. Pelatih Zlatko Dalic mengganti Mario Palasic dan Borna Sosa dengan Nikola Vlasic dan Mislav Orsic untuk menambah daya gedor. Namun, kehadiran dua pemain pengganti itu tak langsung mampu membongkar pertahanan Argentina yang bermain rapat. 

Melihat lini pertahanannya tertekan, pelatih Lionel Scaloni memperkuat barisan pemain belakangnya. Ia mengganti Leandro Paredes dengan Lisandro Martinez. Bermain dengan tiga bek, Kroasia kesulitan menembus pertahanan Argentina. Dejan Lovren sempat mendapatkan peluang pada menit ke-62 memanfaatkan umpan sisi sayap Kroasia, tetapi bola tandukannya mampu diblok kiper Emiliano Martinez.

Petaka untuk Kroasia tergenapi. Aksi individu Lionel Messi yang menggiring bola dari sisi kiri membuat barisan pertahanan Kroasia kocar-kacir. Setelah menusuk ke dalam kotak penalti, pemain berusia 35 tahun itu mengirim umpan datar ke Julian Alvarez yang berhasil mengonversinya menjadi gol. Skor 3-0 untuk Argentina.

Tak banyak peluang berbahaya tercipta setelah gol tersebut. Strategi Kroasia untuk menyegarkan barisan penyerang dengan mengganti Andrej Kamaric dengan Marko Livaja juga tak efektif. Musababnya, Scaloni juga melakukan penyegaran di lini tengah dengan memasukkan Exequiel Palacios untuk mengganti Rodrigo de Paul yang sebelumnya berhasil menyaring serangan Kroasia. 

Alih-alih mencari gol untuk memperkecil ketertinggalan, gawang Kroasia justru kembali terancam. Melemahnya lini tengah berhasil dieksploitasi para pemain Argentina. Pada menit ke-83, Mac Alister menerima umpan terobosan Messi, tetapi tendangannya masih melebar ke sisi kiri gawang Dominik Livakovic. 

Tak ada gol tambahan hingga lima menit masa injury time berakhir. Keunggulan tiga gol Argentina bertahan hingga pluit panjang berbunyi. Lionel Messi dan kawan-kawan berhasil melaju ke babak final Piala Dunia 2022 untuk menantang pemenang pertandingan Prancis vs Maroko.

Statistik pertandingan menunjukkan efektivitas permainan timnas Argentina. Meski hanya menguasai 39 persen bola, mereka berhasil membuat tujuh shoot on goal, sedangkan Kroasia hanya memiliki dua peluang matang mencetak gol.