Babak II, Skor Akhir Brasil Kalahkan Korea Selatan 4-1

TEMPO.COJakarta – Brasil melanjutkan langkahnya ke perempat final setelah mengalahkan Korea Selatan 4-1 dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia di Stadion 674 Qatar pada Rabu dini hari WIB.

Dalam perempat final, Brasil akan bertemu dengan Kroasia yang mengalahkan Jepang dalam laga sebelumnya.

Brasil membantai Korea Selatan dengan empat gol pada babak pertama.

Gol pertama Brasil dicetak Vinicius Junior lewat tendangan indah kaki kanannya saat pertandingan baru berjalan 7 menit. Dia mendapat operan dari Rapinha yang melewati para pemain belakang Korea.

Brasil terus menekan pertahanan Korea. Hingga pada menit ke 11, Richarlison dijatuhkan pemain belakang Korea. Wasit pun menunjuk titik putih. Penalti dilakukan oleh Neyman Junior yang berhasil dengan baik menceploskan bola ke gawang kiper Kim Seung-Gyu. Skor 2-0 untuk Brasil.

Korea tak kendur. Mereka berusaha melakukan serangan balasan. Pada menit ke-16 pemain nomor punggung 11 Hwang Hee Chan sempat melepaskan tembakan jarak jauh tepat ke gawang namun berhasil ditepis kiper Allison.

Pada menit ke-29, Richarlison menceploskan bola ke gawang Korea Selatn lewat aksi individu yang ciamik.

Serangan Brasil tak berhenti. Pada menit ke 36, Lucas Paqueta membobol gawang tim asuhan Paulo Bento. Lewat kombinasi antara Neymar dan Vinicius, Paqueta yang menunggu di area penalti melepaskan tendangan voli yang cantik dan menjebol gawang lawannya. Skor 4-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Satu gol hiburan dari Korea Selatan berhasil dilesakkan Paik Seungho pada menit 76. Lewat serangan yang apik, Paik berhasil merobek jala gawang Brasil yang dijaga Alisson.

Pada menit ke 90 Hwang hampir mencetak gol untuk Korea, namun tendangannya tak berhasil membobol gawang lawan.

Brasil di babak kedua kesulitan untuk menceploskan satu pun gol ke gawang Korea Selatan meski membuat beberapa kali peluang.

Sebelumnya, pelatih Korea Selatan asal Portugal, Paulo Bento, mengeluhkan jeda istirahat para pemainnya yang hanya selama 72 jam. Menurut dia, timnya mengalami kelelahan fisik dan emosional dibandingkan dengan Brasil. Kedalaman skuad Brasil membuat Tite cukup mengistirahatkan pemain.

Susunan Pemain

Brasil: Alisson; Danilo, Thiago Silva, Marquinhos, Alex Sandro; Casemiro, Lucas Paqueta, Neymar; Raphinha, Richarlison, Vinicius Junior. 

Pelatih: Tite 

Korea Selatan: Kim Seung-gyu; Kim Moon-hwan, Kim Min-jae, Kim Gwon-young, Kim Jin-su; Jung Woo-young, Hwang In-beom; Lee Jae-sung, Lee Kang-in, Son Heung-min; Cho Gue-sung.

Pelatih: Paulo Bento