Bangsawan Inggris Diminta Jauhi Kedutaan Rusia di London

TEMPO.COJakarta – Duta Besar Rusia untuk Inggris mengatakan keluarga kerajaan Inggris telah direkomendasikan untuk tidak berhubungan dengan kedutaan Rusia di London. Menurut laporan surat kabar Izvestia, apakah ada kontak dengan Raja Charles III, Duta Besar Rusia Andrei Kelin mengatakan tidak ada kontak apapun. “Saya tahu bahwa anggota keluarga Kerajaan Inggris disarankan untuk tidak mempertahankan atau melakukan kontak dengan Kedutaan Rusia,” ujarnya. Belum ada komentar resmi dari Istana Buckingham.

Hubungan Rusia dengan Barat berada pada titik terendah sejak era Perang Dingin. Memburuknya hubungan ini setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan invasi Rusia ke Ukraina. Akibatnya Rusia terkena sanksi paling berat dari negara-negara Barat.

Kelin mengatakan sebagian besar politisi di Barat tidak terlalu serius memikirkan masa depan. “Ini membuat mereka kehilangan pemahaman tentang apa yang akan terjadi dalam sebulan atau setahun dari sekarang dengan Ukraina,” kata Kelin. “Lagipula, jika terus seperti ini, Ukraina akan menjadi negara gagal, sebuah lubang hitam yang harus ditambal.”

Dia mengatakan bahwa pengusaha Rusia, termasuk yang disebut oligarki yang memperoleh kekayaan luar biasa setelah jatuhnya Uni Soviet, tidak lagi menganggap London sebagai tempat berlindung yang aman. “Sekarang tidak ada yang akan menganggap Inggris sebagai tempat berlindung, ternyata Inggris adalah tempat perompak,” katanya.