Barcelona, Rumah Baru untuk Pemain Gratisan

 

Barcelona sudah bergerak agresif saat bursa transfer pemain baru saja dibuka. Menariknya, Barcelona mendapat pemain dengan status bebas transfer sehingga menghemat budget di kantong mereka.

Begitu musim 2020/2021 selesai dan bursa transfer dibuka, Presiden Joan Laporta mulai menepati janji untuk berusaha membangun kembali Barcelona jadi tim yang solid.

Sejauh ini, sudah ada sejumlah pemain yang datang ke Camp Nou sebagai amunisi anyar untuk musim depan. Pemain yang paling mencolok adalah Sergio Aguero.

 

Legenda Manchester City itu datang dengan status bebas transfer ke Barcelona. Meski usianya sudah 33 tahun, Aguero bisa jadi opsi penyerang tambahan di lini depan Barcelona. Di musim lalu, Barcelona miskin opsi penyerang tengah karena hanya punya Martin Braithwaite.

Pemain kedua yang datang secara bebas transfer adalah Eric Garcia yang juga datang dari Man City. Eric Garcia adalah produk akademi Barcelona namun sempat pindah ke Man City pada usia 16 tahun. Kini, Eric Garcia kembali ke Camp Nou dan diharapkan bisa jadi tambahan kekuatan di lini belakang.

Liverpool's manager Jurgen Klopp, left, talks to Liverpool's Georginio Wijnaldum after he suffered an injury during the English Premier League soccer match between Liverpool and Watford at Anfield stadium in Liverpool, England, Saturday, Dec. 14, 2019. (AP Photo/Rui Vieira)Georginio Wijnaldum yang berstatus bebas transfer juga disebut sudah mencapai kesepakatan dengan Barcelona. (AP Photo/Rui Vieira)

Selain Aguero dan Eric Garcia, nama lain yang dikabarkan sudah mencapai kesepakatan dengan Barcelona adalah Georginio Wijnaldum dan Memphis Depay. Kedua nama ini sudah sejak musim lalu dikaitkan dengan Blaugrana.

Namun perbedaan yang mencolok adalah di musim ini kedua pemain tersebut sudah berstatus bebas transfer. Dengan demikian, Barcelona kembali tidak perlu keluar uang.

Wijnaldum selama ini jadi andalan di lini tengah Liverpool. Tenaga Wijnaldum bakal berguna untuk membuat lini tengah Blaugrana lebih bertenaga.

Sedangkan Memphis Depay sudah teruji ketajamannya bersama Lyon di Ligue 1 dan siap untuk bermain di level yang lebih tinggi bersama Barcelona.

Di luar nama Wijnaldum dan Depay, ada nama lain yang juga dikaitkan dengan Barcelona yaitu Gianluigi Donnarumma.

Kiper Italia ini sudah habis masa kontraknya di AC Milan dan Rossoneri tidak bisa meyakinkan Donnarumma untuk perpanjangan kontrak.

Kehadiran Donnarumma bisa membuat Barcelona punya dua kiper tangguh di bawah mistar lantaran saat ini Marc Andre ter Stegen juga masih diikat kontrak hingga 2025.Juventus sering disebut sebagai pilihan berikutnya bagi Donnarumma. Namun bila Donnarumma tak ingin menyakiti Milan dengan bermain bersama klub Italia lainnya, pilihan pergi ke Barcelona bakal terasa lebih realistis untuk Donnarumma.

Andai Depay, Wijnaldum, dan Donnarumma benar-benar resmi diperkenalkan sebagai pemain anyar Barcelona, maka Blaugrana bisa mendapat lima pemain baru tanpa mengeluarkan uang transfer sepeserpun.

Agresivitas Barcelona di awal musim ini juga membuat mereka bisa meyakinkan Lionel Messi untuk bertahan dan memperpanjang kontrak.

Messi masih belum memutuskan masa depan usai kontraknya habis di Barcelona musim ini. Namun Messi selalu menyatakan ingin melihat Barcelona punya materi tim yang berkualitas dan kompetitif di berbagai kompetisi.

 

Tags :