Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022, Lionel Messi Belum Akan Pensiun dari Tim Nasional

TEMPO.COJakarta – Lionel Messi mengatakan bahwa ia tidak akan pensiun dari sepak bola internasional setelah membantu Argentina mengangkat trofi Piala Dunia 2022. Ia menjadi bintang kemenangan La Albiceleste dalam kemenangan adu penalti 4-2 atas Prancis di Lusail Iconic Stadium pada Ahad, 18 Desember 2022.

Messi mencetak dua gol dalam duel melawan Prancis yang berstatus sebagai juara bertahan. Ia juga menyabet Golden Ball atau penghargaan untuk pemain terbaik turnamen saat Tim Tango memenangkan gelar Piala Dunia ketiga dalam sejarah sepak bola Argentina.

Pemain berusia 35 tahun itu memecahkan rekor penampilan Piala Dunia terbanyak. Ia telah membuat pertandingan ke-26 di turnamen tersebut dan melampaui rekor legenda Jerman, Lothar Matthaus. Messi juga mengonfirmasi bahwa turnamen ini akan menjadi Piala Dunia terakhir baginya.

Namun, kepada TyC, dikutip dari ESPN, Messi mengungkapkan niat untuk terus bermain untuk Argentina lebih lama lagi. “Saya memenangkan Copa America dan Piala Dunia dalam waktu singkat,” kata Messi.

“Saya menyukai apa yang saya lakukan, berada di tim nasional, dan saya ingin terus menjalani beberapa pertandingan lagi setelah menjadi juara dunia. Saya akan membawa Piala itu ke Argentina untuk menikmatinya bersama Anda,” kata Messi, peraih tujuh penghargaan Ballon d’Or tersebut..

Messi mengatakan menjadi juara Piala Dunia adalah realisasi dari impian masa kecil untuk membantu Argentina memenangkan gelar dunia pertama mereka sejak era Diego Maradona. Terakhir kali, Argentina meraih juara di Meksiko pada 1986.

“Itu adalah impian masa kecil siapa pun. Saya beruntung telah mencapai segalanya dalam karier ini. Ini gila, lihat bagaimana cantiknya trofi ini (Piala Dunia). Saya sangat menginginkannya. Saya punya keinginan bahwa ini akan menjadi semakin dekat dan menjadi kenyataan,” kata Messi.

“Kami menderita, tapi kami sudah memilikinya. Saya ingin menutup karier saya dengan ini, saya tidak bisa lagi meminta yang lain, terima kasih Tuhan, dia memberi saya segalanya,” ujar mantan pemain Barcelona yang kini membela PSG tersebut.

Apa kata pelatih Lionel Scaloni soal Lionel Messi?

Pelatih kepala Lionel Scaloni mengatakan dalam konferensi pers pasca-pertandingan bahwa Messi akan selalu diterima untuk membela Argentina. “Jika dia ingin terus bermain, dia akan bersama kami. Saya pikir dia lebih dari berhak untuk memutuskan apakah dia ingin terus bermain atau memutuskan apa yang ingin dia lakukan dengan kariernya,” kata dia.

“Merupakan kesenangan besar bagi kami untuk melatih dia dan rekan satu timnya. Segala sesuatu yang dia sampaikan kepada rekan satu timnya adalah sesuatu yang tak tertandingi, sesuatu yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Dia adalah seorang pemain dan seorang pribadi yang memberikan begitu banyak kepada rekan satu timnya,” ujar Scaloni.