Bertemu Jokowi di Kamboja, Fadli Zon: Terima Kasih Dukungan untuk Pak Prabowo

Fadli mengunggah foto dirinya bersama Jokowi dengan memberikan komentar ucapan terima kasih karena sudah memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto, ketua umum sekaligus ketua dewan pembina Partai Gerindra.

“Ketemu Presiden @jokowi dalam ASEAN-AIPA Leaders di Phnom Penh, Kamboja. Saya ucapkan terima kasih atas komentar dukungan Pak Jokowi untuk Pak @prabowo,” cuit Fadli Zon pada Kamis, 10 November 2022.

Sebelumnya, Jokowi menanggapi pujian yang kerap disampaikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, terkait penanganan pandemi Covid-19 dan upaya mediasi Perang Rusia-Ukraina. Jokowi membantah kalau pujian itu datang karena dirinya sudah memberi restu kepada Prabowo untuk maju sebagai Calon Presiden (Capres) pada Pemilu Presiden atau Pilpres 2024.

“Sudah sejak awal, kok restu-restu,” kata kata Jokowi saat konferensi pers di acara Indo Defence Expo & Forum 2022 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 2 November 2022.

“Sejak awal saya menyampaikan mendukung beliau,” kata Jokowi, di samping Prabowo yang ikut berdiri bersebelahan saat konferensi pers. Hanya saja, Jokowi tidak merinci lebih lanjut apakah dukungan yang dimaksud apakah terkait Capres atau program pertahanan.

Sinyal dukungan lebih jelas diungkapkan saat Jokowi menghadiri HUT ke-8 Partai Perindo, Senin, 7 November 2022. Jokowi menyinggung soal kemenangannya di Pilpres 2014 dan 2019. Saat mengungkit kemenangannya itu, Jokowi terlihat tersenyum karena kehadiran Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. “Dua kali di Pemilu Presiden juga menang. Mohon maaf Pak Prabowo,” ujar Jokowi diikuti senyum.

Para kader Perindo yang hadir di acara tersebut tampak tertawa dan bertepuk tangan. Mereka tampak lebih heboh ketika Prabowo berdiri dan memberi hormat.

Prabowo merupakan rival Jokowi dalam Pilpres 2014. Saat itu ia berpasangan dengan Hatta Rajasa dan dikalahkan oleh Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla. Lalu pada Pilpres 2019, Prabowo kembali maju dan berpasangan dengan Sandiaga Uno, namun kembali dikalahkan Jokowi yang berpasangan dengan Ma’ruf Amin.

“Mohon maaf Pak Prabowo. Kelihatannya setelah ini jatahnya Pak Prabowo,” kata Jokowi diikuti tepuk tangan.