Brasil Bungkam Venezuela 3-0 di Copa America 2021

 

Timnas Brasil readyviewed mengemas kemenangan 3-0 atas Venezuela pada laga pembuka Copa America 2021 yang berlangsung di Stadion Nasional Mane Garrincha, Brasilia, Senin (14/6) pagi waktu Indonesia.

Skuad Selecao memegang kendali babak pertama. Neymar tampil sebagai motor serangan dari sisi kiri. Beberapa peluang dihasilkan dari pergerakan Neymar, namun Gabriel Jesus, Richarlison, Eder Militao, dan Danilo gagal memaksimalkan peluang.

Brasil baru bisa membuka keunggulan pada menit ke-24 melalui Marquinhos yang memanfaatkan sepak pojok Neymar. Bek Paris Saint-Germain itu dengan jeli melepaskan tembakan kaki kiri de depan muka gawang untuk menghindari blok pemain lawan.

 

Dua menit berselang, Richarlison membobol gawang Venezuela. Namun hakim garis menilai pemain Everton itu berada dalam posisi offside.

Brasil masih mengincar gol kedua, tetapi tak mampu lagi menerobos pertahanan Venezuela. Skuad La Vinotinto pun sempat memasuki area sepertiga akhir lapangan tanpa hasil.

Setelah keunggulan tipis di babak pertama, Brasil kembali mencoba mendominasi penguasaan bola setelah peluit babak kedua dibunyikan.

Peluang besar didapat Brasil pada menit ke-53. Umpan Jesus ke muka gawang tak bisa dihalau para pemain Venezuela. Neymar punya kans, tetapi justru membuat bola melebar dari sasaran.

Pada menit ke-62 Brasil mendapat penalti. Upaya Danilo melakukan akselerasi di kotak penalti Venezuela mendapat adangan dari Yohan Cumana. Wasit melihat tabrakan tersebut sebagai pelanggaran.

Neymar yang maju sebagai algojo 12 pas melaksanakan tugas dengan baik. Joel Graterol dibuatnya salah arah dan bola meluncur mulus ke gawang. Brasil unggul 2-0.

Semenit jelang waktu normal berakhir, Neymar kembali terlibat dalam proses gol Brasil. Lepas dari jebakan offside di sisi kiri, pemain PSG itu langsung berakselerasi melewati kiper dan melepas umpan yang dituntaskan dengan mudah oleh Gabriel Barbosa.

Brasil menang 3-0 dan memimpin klasemen Grup B Copa America 2021.

Brasil: Alisson; Danilo, Eder Militao, Marquinhos, Renan Lodi; Casemiro, Fred; Richarlison, Lucas Paqueta, Neymar; Gabriel JesusSusunan pemain Brasil vs Venezuela:

Venezuela: Joel Graterol; Alexander Gonzalez, Yohan Cumana, Luis Adrian Martinez, Luis Del Pino; Bernaldo Manzano, Jose Martinez, Junior Moreno, Francisco La Mantia, Cristian Casseres Jr; Fernando Aristeguieta