Brasil Tak Punya ‘Pemain Haram’ Saat Lawan Argentina

Dalam laga Brasil vs Argentina di Sao Paolo, Senin (6/9) dini hari WIB, tidak ada pemain Brasil yang dipanggil dari kompetisi Liga Inggris. Pemain asal Liga Inggris di kubu Argentina yang kemudian jadi titik mula laga dihentikan.
Pihak Badan Pengawas Kesehatan Nasional alias Anvisa menyatakan empat pemain Argentina melanggar aturan karantina dan memalsukan data kedatangan saat tiba di Brasil.

Seharusnya, pendatang yang dari Inggris diwajibkan menjalani isolasi 14 hari di Brasil. Hal itu membuat empat pemain Argentina yaitu Cristian Romero, Giovani Lo Celso, Emiliano Martinez, dan Emiliano Buendia dilarang tampil di laga lawan Brasil.

Menariknya, tidak ada pemain Liga Inggris di kubu Brasil dalam duel lawan Argentina, juga di dua duel lainnya lawan Chile dan Peru di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Padahal Brasil punya sejumlah pemain bintang yang berlaga di Liga Inggris yaitu Alisson Becker, Roberto Firmino, Gabriel Jesus, Fred, Richarlison, Thiago Silva, dan Rapinha.

Sebelumnya di awal September, dikutip dari Marca, klub-klub Liga Inggris sudah menolak pemanggilan dari timnas Brasil untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di awal September.

Klub-klub besar tersebut tak mau kehilangan pemain-pemain untuk 2-3 laga penting di pertengahan September lantaran harus menjalani kewajiban 10 hari karantina.

Brasil sendiri disebut bakal melayangkan komplain ke FIFA atas penolakan pemanggilan tersebut. Hal itu berarti sejatinya ‘Selecao’ butuh tenaga bintang-bintang Liga Inggris di tiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di awal September.

Sementara itu di kubu Argentina, Tottenham Hotspur dan Aston Villa memutuskan melepas empat pemain tersebut untuk membela Argentina.

Namun empat pemain tersebut kemudian dinyatakan bermasalah sehingga pihak Anvisa mengintervensi pertandingan.  Argentina kemudian menolak melanjutkan pertandingan tanpa kehadiran empat pemain tersebut.
FIFA menyatakan laga Brasil vs Argentina ditunda.