Cerita Jorginho Deg-degan Tendang Penalti Terakhir Italia

Jorginho mengaku tegang saat turun sebagai eksekutor kelima dalam drama adu penalti Italia vs Spanyol di semifinal Euro 2020 (Euro 2021). Sebagai eksekutor penalti reguler di Chelsea, Jorginho dipercaya oleh Roberto Mancini sebagai penendang penalti kelima Italia. Sebelum momen tersebut, Gianluigi Donnarumma berhasil membendung tembakan Alvaro Morata. Dengan demikian Jorginho bisa memastikan tiket final untuk Italia.
Meski sudah terbiasa bertindak sebagai eksekutor penalti, hal itu tak membuat Jorginho benar-benar lepas dari tekanan saat melangkah ke kotak penalti. “Saya berusaha melupakan segala hal di sekitar saya, fokus pada hal yang sudah saya latih, mengambil napas dalam dan melakukannya,” ucap Jorginho dikutip dari Football Italia. Jorginho menunaikan tugasnya sebagai eksekutor kelima Italia dengan baik. (AP/Facundo Arrizabalaga) Dengan eksekusi penalti yang menjadi ciri khasnya, sedikit melompat sebelum menendang, Jorginho berhasil membuat Unai Simon mati langkah dan salah membaca tendangan. Bola meluncur pelan namun pasti ke pojok kiri gawang Spanyol. Italia unggul 4-2 dan Spanyol pun tak perlu melakukan tendangan penalti kelima di laga tersebut. “Kami sungguh kesulitan melawan tim hebat yang membuat kami terus berlari. Kami tahu bahwa kami harus bersusah payah, namun kami terus percaya diri hingga akhir.” “Dalam pandangan saya, kami layak untuk menang,” ucap Jorginho. Italia berhasil lolos ke final Euro 2020 (Euro 2021) dan kini tinggal menunggu pemenang duel Inggris vs Denmark.

Italia tidak pernah menyerah, kami selalu percaya. Ini adalah skuad luar biasa dan layak mendapatkan yang terbaik.” “Kami bermain bersama, tertawa bersama, bergurau bersama. Seperti halnya keluarga yang juga terkadang terlibat argumen, namun pada akhirnya kami selalu bersama,” tutur Jorginho.

Tags :