Cetak Gol dan Assist, Foden Tetap Kena Marah Guardiola

Phil Foden tetap kena marah Pep Guardiola meski menjadi salah satu protagonis saat Manchester City menghancurkan Liverpool di Anfield. Pemain muda itu menyumbang satu gol dan satu assist dalam laga tersebut.

The Citizens mampu memanfaatkan dua ‘bantuan’ readyviewed Alisson Becker dan mengakhiri pertandingan dengan skor mencolok 4-1. Itu merupakan kemenangan pertama Man City di Anfield sejak Mei 2003.

Satu pemain yang tampil bagus adalah Foden. Meski begitu Guardiola masih menyemprot anak asuhnya tersebut.

 

Menurutnya, Foden seharusnya masih bisa tampil lebih baik melawan Liverpool. Terutama di berbagai posisi yang diplot untuknya, dilansir Daily Mail.

Foden sendiri dipasang sebagai False 9 di babak pertama hingga pertengahan babak kedua. Namun Guardiola memasukkan Gabriel Jesus dan menggeser Foden ke sayap kanan.

“Di babak pertama kami berjuang keras untuk menemukan Foden, dia tidak dalam posisi yang seharusnya,” kata Guardiola.Dua posisi itu yang jadi sorotan Guardiola terhadap pemain Inggris tersebut. Sebab Foden hanya bermain baik ketika di sayap.

“Saat bermain di tengah, terkadang dia kesulitan memahami di mana dia harus berada, dan ke mana dia harus bergerak. Saat ini dia bergerak dengan sempurna ke samping sebagai pemain sayap,” tambah Guardiola.

Di sisi lain Guardiola tetap memuji penampilan Foden yang bekerja keras dan tak kenal menyerah. Apalagi dia turut memberi assist untuk gol Ilkay Gundogan dan melesakkan gol terakhir Man City.

“Tentu saja gol kedua dan keempat luar biasa, fenomenal dan lihat kualitasnya di sana. Kami tidak bisa melupakan dia baru berusia 20 tahun dan memiliki margin yang luar biasa untuk ditingkatkan.

“Saya tahu dia adalah pria yang sangat tenang dan jika dia tetap di posisi, dia harus bertahan dan dia akan meningkat. Tapi saya merasa dia masih memiliki margin untuk memahami permainan agar sedikit lebih baik,” kata Guardiola.

Kemenangan tersebut mengokohkan Man City di puncak klasemen dengan 50 poin. Dengan Manchester United gagal menang melawan Everton, Raheem Sterling cs kini unggul lima poin dari tetangganya itu yang ada di tempat kedua.

Sedangkan Liverpool tertahan di peringkat keempat. Mereka punya 40 poin dan tertinggal 10 angka di belakang Man City.