Coutinho Bakal Operasi Lutut dan Absen Panjang

 

Philippe Coutinho akan menjalani operasi lutut dan diperkirakan bakal absen memperkuat Barcelona selama 10 pekan.

Coutinho mengalami cedera pada laga Barcelona vs Eibar, Rabu (30/12) dini hari waktu Indonesia. Masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-66, mantan pemain Inter itu harus kembali meninggalkan lapangan ketika pertandingan memasuki injury time.

Barcelona sudah memastikan Coutinho akan menjalani operasi lutut dan kemungkinan bakal menepi selama dua setengah bulan.

 

“Tes yang dilakukan terhadap Philippe Coutinho menunjukkan sang gelandang mengalami cedera pada meniskus lateral di lutut kiri. Proses penyembuuhan membutuhkan operasi artroskopi yang akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang,” tulis pernyataan Barcelona dalam situs resmi.

Dengan kepastian Coutinho menjalani operasi dan bakal menjalani proses pemulihan yang tidak sebentar, pelatih Ronald Koeman bakal menghadapi keterbatasan pemilihan pemain.

Barcelona's Philippe Coutinho celebrates scoring the opening goal during the Spanish La Liga soccer match between FC Barcelona and Sevilla FC at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Sunday, Oct. 4, 2020. (AP Photo/Joan Monfort)Philippe Coutinho menjadi salah satu pemain yang sering dimainkan Ronald Koeman musim ini. (AP Photo/Joan Monfort)

Sebelum Coutinho masuk ruang perawatan, Ansu Fati, Sergi Roberto dan Gerard Pique sudah lebih dulu absen panjang karena cedera.

Pada musim ini, sekembalinya dari masa peminjaman di Bayern Munchen, Coutinho sudah pernah absen dalam beberapa laga karena mengalami cedera hamstring pada akhir Oktober.

 

Pemain asal Brasil itu menjadi salah satu pilihan reguler Koeman pada musim ini dengan tampil 14 kali serta mencetak dua gol dan tiga assist.

Tanpa Coutinho, Koeman kemungkinan bakal memaksimalkan Riqui Puig yang merupakan gelandang jebolan La Masia.