Cuaca Jakarta Hari Ini Diprediksi Berawan pada Siang & Hujan di Malam Nanti

TEMPO.COJakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca Jakarta hari ini terjadi hujan dengan intensitas cukup tinggi pada Minggu malam, 11 Desember 2022. Berdasarkan website resmi BMKG, diperkirakan Minggu pagi seluruh wilayah DKI Jakarta bercuaca cerah berawan.

Memasuki siang, seluruh wilayah DKI Jakarta yang terdiri dari Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu berawan.

Ketika malam hari, seluruh wilayah DKI Jakarta akan mengalami hujan dengan intensitas ringan, kecuali Jakarta Timur yang diperkirakan terjadi hujan deras. Suhu di DKI Jakarta pada Minggu diperkirakan berkisar 23 sampai 32 derajat Celsius dengan rata rata kelembaban udara 65 sampai 100 persen.

BMKG: Puncak Musim Hujan Normal, Desember dan Januari

Puncak musim hujan 2022-2023 di wilayah Indonesia diprakirakan terjadi pada Desember 2022 dan Januari 2023. Dari analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), berdasarkan rata-rata klimatologi akumulasi curah hujan musim hujan periode 1991-2020, musim hujan kali ini secara umum akan normal.

“Kesimpulannya adalah musim hujan pada 2022-2023 akan datang lebih awal dibandingkan normalnya, dengan sifat hujan yang mirip atau sama dengan kondisi musim hujan biasanya,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Rabu 31 Agustus 2022.

Dalam menghadapi musim hujan 2022-2023, BMKG mengimbau seluruh mitra kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan berbagai pihak serta masyarakat untuk tetap mewaspadai wilayah-wilayah yang memasuki musim hujan lebih awal atau maju.

Dwikorita menjelaskan wilayah yang musim hujannya maju dibandingkan normalnya sebanyak 46,5 persen dari total 699 ZOM atau zona musim. Mereka tersebar di sebagian Pulau Sumatera bagian selatan, sebagian Jawa, sebagian Kalimantan bagian timur, sebagian Bali, Nusa Tenggara Barat, sebagian Nusa Tenggara Timur, sebagian Sulawesi, Maluku Utara bagian selatan, Maluku bagian barat dan Papua bagian barat dan selatan.

Mereka disebut sudah akan memasuki musim hujan pada September. Sebagian lainnya ada yang pada Juli hingga Agustus lalu sudah masuk musim hujan. Bandingkan dengan sisanya yang memasukinya pada Oktober (25,03 persen ZOM), pada November (18,31 persen ZOM), dan sebagian lainnya baru pada Desember dan Januari hingga Mei 2023.