Daftar 23 Atlet Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

Indonesia memiliki 23 atlet yang akan tampil di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 pada 24 Agustus sampai 5 September mendatang.
Dilansir dari Instagram resmi Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia, 23 atlet yang lolos berasal dari tujuh cabang olahraga, yakni atletik, badminton, tenis meja, renang, balap sepeda, powerlifting dan menembak.

Atletik menyumbangkan tujuh atlet ke Paralimpiade Tokyo. Mereka adalah Saptoyogo Purnomo, Karisma Evi Tiarani, Putri Aulia, Elvin Elhudia Sesa, Famini, Jaenal Aripin dan Setiyo Budi Hartanto.

Badminton juga meloloskan tujuh atlet ke Paralimpiade 2020. Mereka adalah Leanin Ratri Oktila, Khalimatus Sa’diyah, Dheva Anrimusthi, Hary Susanto, Ukun Rukaendi, Suryo Nugroho dan Fredy Stiawan.

Sementara itu dari tenis meja nama besar David Jacobs, Komet Akbar dan Adyos Aston masih bakal mewakili Indonesia. Syuci Indariani dan Jendi Panggabean sebagai peraih medali emas di Asian Paragames juga akan tampil di Tokyo 2020 mendatang.

Mantan pebalap sepeda motor nasional, M. Fadli Imammuddin, untuk kali pertama mewakili Indonesia di ajang paracyling Paralimpiade Tokyo. Ditambah Ni Nengah Widiasih dari powerlifting serta Bolo Triyanto dan Hanik Puji Astuti dari cabang olahraga menembak.

Beberapa atlet yang bakal berangkat ke Paralimpiade Tokyo merupakan nama-nama yang telah mengukir prestasi sebelumnya untuk Indonesia, baik di Asian Para Games 2018 maupun di Paralimpiade Rio 2016.

Sebut saja Ni Nengah Widiasih, lifter yang mempersembahkan satu-satunya medali buat Indonesia di Paralimpiade Rio untuk kelas 41 kg. Ia juga merupakan peraih medali perak di Asian Para Games 2014 Incheon dan 2018 di Indonesia.

Begitu juga dengan Setiyo Budi Hartanto dari cabang para atletik yang merupakan peraih medali perak lompat jauh T45/46/47 di Asian Para Games 2018. Setiyo juga tampil di Paralimpiade 2016, namun langkahnya terhenti di babak penyisihan.

Dari cabang renang Paralimpiade Tokyo 2020 ada Jendi Panggabean yang berhasil meraih medali perunggu di Asian Para Games 2018 saat tampil di nomor para renang 100 meter gaya bebas S9. Sayang di Rio 2016 Jendi yang turun di nomor 100 meter gaya punggung gagal di penyisihan.
Selain Jendi, ada Syuci Indriani peraih medali emas di nomor 100 meter gaya dada SB14 Asian Para Games 2018. Sebelumnya, ia juga mewakili Indonesia di Paralimpiade 2016, namun gagal di babak penyisihan usai menempati peringkat kedelapan.

Lihat Juga :

MotoGP Styria: Rossi dan Crutchlow Duet Tertua dalam Sejarah
Terakhir ada David Jacobs, atlet para tenis meja yang namanya berulang kali mengharumkan Indonesia di kancah dunia. Ia merupakan peraih medali perunggu di Paralimpaide London 2012, emas di Asian Para Games 2014 dan 2018.

Jumlah atlet Indonesia yang lolos ke Paralimpiade Tokyo jauh lebih banyak dibanding di Paralimpiade Rio. Kala itu Indonesia hanya mengirim sembilan atlet dari empat cabang olahraga dan berhasil membawa pulang satu medali perunggu dari cabang powerlifting kelas 41 kg lewat Ni Nengah Widiasih.

Daftar Atlet Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020
Atletik

Saptoyogo Purnomo
Karisma Evi Tiarani
Putri Aulia
Elvin Elhudia Sesa
Famini
Jaenal Aripin
Setiyo Budi Hartanto

Badminton

Leani Ratri Oktila
Khalimatus Sa’diyah
Dheva Anrimusthi
Hary Susanto
Ukun Rukaendi
Suryo Nugroho
Fredy Setiawan

Tenis Meja

David Jacobs
Komet Akbar
Adyos Astan

Renang

Syuci Indriani
Jendi Pangabean

Balap Sepeda

M. Fadli Imammuddin

Powerlifting

Ni Nengah Widiasih

Menembak

Bolo Triyanto
Hanik Puji Astuti