Daftar Pemain Timnas Basket AS di Olimpiade Tokyo

 

Dipimpin peraih tiga medali emas Olimpiade Kevin Durant, Amerika Serikat (AS) merilis daftar 12 pemain bintang NBA yang akan memperkuat timnas bola basket AS di Olimpiade Tokyo 2020.

Ke-12 pemain tersebut adalah Bam Adebayo, Bradley Beal, Devin Booker, Kevin Durant, Jerami Grant, Draymond Green, Jrue Holiday, Zach LaVine, Damian Lillard, Kevin Love, Khris Middleton, dan Jayson Tatum.

Durant dan kawan-kawan akan dipimpin pelatih Gregg Popovich (San Antonio Spurs) bersama asisten pelatih Steve Kerr (Golden State Warriors), Lloyd Pierce dan Jay Wright (Villanova University), serta Jerry Colangelo (direktur timnas basket putra AS).

 

“Saya senang untuk para pemain terpilih dan tak sabar untuk bekerja sama dengan grup yang luar biasa ini pada 6 Juli di Las Vegas. Saya senang mewakili Amerika Serikat untuk mendapatkan medali emas di Tokyo,” kata Popovich dikutip dari situs resmi NBA.

Meski sudah memilih 12 pemain, Popovich masih menunggu persetujuan dari Komite Olimpiade dan Paralimpiade AS. Persetujuan ini diperlukan sebagai bagian dari birokrasi, setelah dewan direksi bola basket AS menetapkan 12 nama pemain untuk Olimpiade Tokyo 2020.

Dari ke-12 pemain, tiga di antaranya sudah mengoleksi medali Olimpiade. Ketiganya adalah Durant, Green, dan Love. Durant dan Green adalah peraih emas Olimpiade 2016, sedangkan Durant dan Love meraih emas Olimpiade 2012.

Durant bahkan tercatat sebagai pemain basket kedua AS yang akan tampil untuk kali keempat di Olimpiade. Pemain pertama yang menorehkan hal tersebut adalah Carmelo Anthony pada Olimpiade 2004, 2008, 2012, dan 2016.

Pemain Brooklyn Nets ini juga tercatat sebagai pengoleksi poin terbanyak AS di dua Olimpiade terakhir. Durant membukukan 156 poin pada 2012 dan 155 poin pada 2016. Total sudah 16 pertandingan Olimpiade dijalani Durant.

Skuad basket AS kali ini pun masuk catatan sejarah sebagai salah satu yang tertua. Rerata usia pemain untuk Olimpiade Tokyo 2020 adalah 28,2 tahun atau yang tertua ketiga dalam sejarah AS setelah 1996 (29,4) dan 1992 (29,0).”Kami memilih pemain untuk mewakili negara dalam kompetisi internasional dengan keterampilan, karakter, pengalaman, dan keinginan untuk menang. Kami membangun tim yang serbaguna dan tangguh dalam kompetisi singkat,” kata Martin Dempsey, Ketua Dewan Direksi Bola Basket AS.

Rencananya setelah memulai latihan pada 6 Juli, akan ada lima pertandingan ekshibisi yang akan dijalani timnas AS sebelum terbang ke Tokyo. Kelima laga itu adalah melawan Nigeria (10 Juli), Australia (12 dan 16 Juli), Argentina (13 Juli), dan Spanyol (18 Juli).

Tim basket AS merupakan tim basket tersukses dalam sejarah Olimpiade. Dari 18 edisi kali tampil, timnas AS merebut 15 medali emas dan hanya gagal pada 1972, 1988, dan 2004 yang berbuah satu perak dan dua medali perunggu. Artinya tim basket AS tak pernah tak meraih medali.

Daftar pemain timnas basket AS di Olimpiade Tokyo 2020:

Bam Adebayo / Miami Heat
Bradley Beal / Washington Wizards
Devin Booker / Phoenix Suns
Kevin Durant / Brooklyn Nets
Jerami Grant / Detroit Pistons
Draymond Green / Golden State Warriors
Jrue Holiday / Milwaukee Bucks
Zach LaVine / Chicago Bulls
Damian Lillard / Portland Trail Blazers
Kevin Love / Cleveland Cavaliers
Khris Middleton / Milwaukee Bucks
Jayson Tatum / Boston Celtics