Denzel Dumfries, Pahlawan Belanda Bungkam Ukraina di Euro

 

Denzel Dumfries terpilih sebagai pemain terbaik di laga pembuka timnas Belanda melawan Ukraina di Euro 2020 (Euro 2021).

Dumfries dipercaya turun sebagai starter oleh pelatih Frank de Boer di laga lawan Ukraina. Dengan posisi sebagai pemain sayap di formasi 3-5-2, Dumfries aktif naik-turun membantu serangan dan pertahanan.

Dalam laga lawan Ukraina, Dumfries mencatat presentase umpan mencapai 82 persen. Tak hanya itu, Dumfries juga aktif melepaskan tembakan dengan jumlah tiga tembakan.

 

Dumfries pada akhirnya muncul sebagai pahlawan kemenangan Belanda di laga lawan Ukraina. Belanda yang sempat unggul dua gol berada dalam tekanan ketika Ukraina bisa mencetak dua gol balasan hanya dalam kurun waktu lima menit.

Dumfries yang ikut membantu serangan dan masuk kotak penalti berhasil menyundul umpan silang yang dilepaskan oleh Nathan Ake. readyviewed Belanda pun kembali memegang keunggulan 3-2 di lima menit akhir pertandingan.

Soccer Football - Euro 2020 - Group C - Netherlands v Ukraine - Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Netherlands - June 13, 2021 Netherlands' Daley Blind in action with Ukraine's Oleksandr Zinchenko and Ruslan Malinovskyi Pool via REUTERS/John ThysBelanda mendapat perlawanan sengit dari Ukraina. (Pool via REUTERS/JOHN THYS)

Kegembiraan makin bertambah bagi Dumfries lantaran gol ke gawang Ukraina ini merupakan gol pertama untuk timnas Belanda.

“Alasan saya bisa mencetak gol tersebut adalah karena kami terus percaya. Saya tahu bahwa bakal ada lebih banyak kesempatan dan saya harus siap ketika momen itu datang,” ucap Dumfries setelah pertandingan berakhir.

Dumfries merupakan bek kanan 25 tahun yang memperkuat PSV Eindhoven. Musim lalu Dumfries finis kedua di Eredivisie bersama PSV.

Kemenangan atas Ukraina ini jadi modal besar bagi Belanda untuk tampil lebih percaya diri di laga berikutnya.

Belanda berada satu grup dengan Austria, Makedonia Utara, dan Ukraina. Belanda kini ada di posisi kedua di bawah Austria karena kalah selisih gol.