Deretan Rekor Cristiano Ronaldo di Euro 2020

Striker timnas Portugal Cristiano Ronaldo mencetak sejumlah rekor saat mengikuti Euro 2020 (Euro 2021).

Dalam pertandingan ketiga penyisihan Grup F melawan Prancis yang dimulai pada pukul 02.00 WIB, Ronaldo gagal membawa timnya menang dan hanya bermain imbang dengan skor 2-2.

Ronaldo yang berusia 36 tahun melesakkan dua gol ke gawang Prancis lewat tendangan penalti. Namun, dua gol itu membuatnya menyamai rekor yang ditorehkan oleh legenda sepak bola Iran, Ali Daei, yakni 109 gol.

 

Menurut catatan FIFA, Ali Daei yang dijuluki Sang Raja mencetak 109 gol saat tergabung dalam timnas Iran dan melakukan 149 kali pertandingan dalam kurun waktu 1993 sampai 2006.

Ronaldo tercatat mencetak 48 gol dalam 45 pertandingan internasional. Sedangkan untuk tingkat kejuaraan Eropa (Euro), dia tercatat sebagai pemain Portugal pertama yang berhasil mencetak gol di tiga laga penyisihan grup.

Ronaldo juga tercatat mencetak 7 gol untuk Portugal dalam empat kali pertandingan penyisihan grup Euro.

Portugal's Cristiano Ronaldo runs with the ball away from France's N'Golo Kante, right, during the Euro 2020 soccer championship group F match between Portugal and France at the Puskas Arena in Budapest, Wednesday, June 23, 2021. (Franck Fife, Pool photo via AP)Striker timnas Portugal Cristiano Ronaldo saat menghadapi timnas Prancis di Euro 2020 (Euro 2021). (AP/Franck Fife)

Selain itu, Ronaldo juga dinyatakan sebagai pemilik top skor tertinggi sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Eropa, yaitu 14 kali gol. Rekor itu melampaui Michel Platini dari Prancis yang tercatat mencetak 9 gol di Piala Eropa.

Portugal menempati posisi ketiga di klasemen grup setelah kalah head to head dari Jerman. Baik Portugal dan Jerman sama-sama mengemas 4 poin.Gol-gol Ronaldo itu juga yang membawa tim berjuluk Selecao das Quinas tersebut melangkah ke babak 16 besar Euro 2020 sebagai peringkat 3 terbaik di Grup F.