Ducati Mendominasi MotoGP 2021, Ini Spesifikasi Motornya

Ducati jadi salah satu tim yang menonjol di MotoGP 2022. Meski tidak meraih gelar juara, para pembalap tim pabrikan asal Italia tersebut mampu menorehkan prestasi apik. Tiga pembalap mereka, Francesco Bagnaia, Johann Zarco, dan Jack Miller finis di posisi lima besar.

Bukan cuma itu, Ducati juga menjadi juara konstruktor di musim 2021, mengungguli Yamaha dan Honda. Apiknya performa dari Ducati ini tak lepas dari spesifikasi motor yang mereka pakai di musim 2021. Desmosedici GP 21 membawa Ducati ke level terbaru.

1. Mesin Ducati berani bersaing

Ducati Mendominasi MotoGP 2021, Ini Spesifikasi Motornya

Jika menilik spesifikasi dari Desmosedici GP 21, Ducati tetap mempertahankan karakter mereka sebagai motor yang unggul dalam top speed. Dengan kapasitas mesin 1000 cc dan kekuatan mesin 300 tenaga kuda, Ducati mampu menempuh kecepatan maksimum 350 km/jam.

Top speed dari Ducati ini masih unggul dari motor-motor lain seperti Honda dan Yamaha. Repsol Honda, tim yang lazimnya menandingi Ducati soal kecepatan, masih kalah top speed dibandingkan Ducati. Kecepatan RC123V hanya mampu mencapai kecepatan maksimal 260 km/jam.

2. Adanya perangkat aerodinamika pada GP 21

Ducati Mendominasi MotoGP 2021, Ini Spesifikasi Motornya

Selain mempertahankan top speed, Ducati juga menambahkan beberapa spesifikasi baru di GP 21. Mereka menggunakan perangkat aerodinamika baru, yang berada di bawah fairing. Perangkat ini nyatanya membantu aliran udara di motor Ducati.

Berkat aliran udara yang lebih baik ini, laju motor Ducati jadi lebih mulus. Tak heran Desmosedici GP 21 lebih mudah dikendalikan oleh para pembalap Ducati. Hal ini mengubah stigma Ducati sebagai motor yang susah dikendalikan.

3. Talenta dan motor Ducati bersatu

Ducati Mendominasi MotoGP 2021, Ini Spesifikasi Motornya

Spesifikasi apik dari Ducati ini ternyata bersatu dengan talenta para pembalap Ducati yang memang berbakat. Nama-nama macam Francesco Bagnaia dan Jack Miller mampu memaksimalkan potensi dari Ducati. Hal tersebut diakui oleh General Manager Ducati, Luigi Dall’Igna.

“Jack (Miller) dan Pecco (Bagnaia) memang bertalenta, tetapi motor kami juga ada peningkatan. Saya percaya, dengan kombinasi ini, Ducati akan jadi tim yang bisa bersaing untuk meraih gelar juara setiap musimnya,” tutur Dall’Igna, dilansir “Motorcycle Specs”.

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari motor Ducati Desmosedici GP 21.

Kapasitas mesin: 1000 cc

Tenaga maksimal: 250 tenaga kuda

Kecepatan top: 350 km/jam

Frame motor: Alumunium alloy twin-spar

Ban: Michelin 17″

Berat motor: 157 kg