Ernando Ari, Penjaga Asa Timnas U-23 Lolos Piala Asia 2022

Ernando Ari Sutaryadi jadi salah satu pemain Timnas Indonesia U-23 yang tampil ciamik saat  takluk 2-3 dari Australia pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.
Ernando menggagalkan satu penalti dan membuat beberapa penyelamatan penting yang membuat Timnas U-23 tidak kebobolan lebih banyak di Stadion Republican Central, Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10).

Kiper Persebaya Surabaya itu membuat upaya Australia untuk unggul lebih dulu tak berbuah hasil. Ernando dengan tenang menangkap tendangan penalti Patrick Wood pada menit keempat pertandingan.

Penampilan apik Ernando Ari di bawah mistar Timnas U-23 berlanjut di sisa waktu pertama. Ia mampu mementahkan empat peluang yang didapatkan Australia sehingga membuat skor imbang 0-0 pada akhir babak pertama.

Di babak kedua, kinerja Ernando Ari tetap baik meski kebobolan tiga gol. Gol-gol Australia dijaringkan Marc Tokich, Patrick Wood, dan Jacob Italiano.

Serangkaian penyelamatan yang dilakukan pemain kelahiran Semarang ini plus dua gol dari Witan Sulaeman dan Taufik Hidayat memelihara asa Timnas U-23 lolos Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Tim Garuda Muda akan melakoni laga kedua melawan Australia pada Jumat (29/10) mendatang.

Ernando berstatus penjaga gawang utama di Persebaya seiring cedera panjang yang dialami Satria Tama. Kiper berusia 19 itu selalu dimainkan oleh pelatih Aji Santoso sejak awal musim Liga 1 2021.

Ernando sudah bermain dalam lima pertandingan bersama tim Bajul Ijo. Namun, keroposnya pertahanan Persebaya membuat Ernando Ari sudah memungut bola sebanyak sembilan kali dari gawangnya.

Ernando sendiri merupakan pemain langganan Timnas Indonesia sejak kategori kelompok umur. Ia sudah jadi bagian Timnas Indonesia U-16 dan U-19 saat masih diarsiteki Fakhri Husaini.