Euro 2020: Donnarumma Lebih Baik dari Pickford Soal Penalti

Kiper Italia Gianluigi Donnarumma, punya catatan menghalau penalti lebih baik dari kiper Inggris, Jordan Pickford. Keduanya akan adu kecekatan di final Euro 2020 (Euro 2021), Senin (12/7) dini hari WIB. Sepanjang kariernya Donnarumma telah menghadapi 40 penalti. Dari 40 kesempatan itu, 14 di antaranya berhasil ditepis. Adapun Pickford 41 kali menghadapi situasi penalti, dengan sembilan di antaranya berhasil ditepis. Menurut UEFA, persentase Donnarumma mematahkan penalti lawan adalah 35 persen. Namun, angka Itu tidak termasuk tepisan dalam adu penalti. Angka 35 persen atau 14 kali itu merujuk kesuksesan dalam pertandingan di waktu normal.

Rincian 14 penalti yang digagalkan itu 13 di antaranya tercipta dalam Serie A dan satu di Coppa Italia bersama AC Milan. Penalti pertama yang digagalkan Donnarumma adalah eksekusi pemain Inter Milan musim 2015/2016, Mauro Icardi. Jika merujuk adu penalti, kiper yang baru dipinang Paris Saint-Germain itu telah melakukan lima penyelamatan. Dari kelima penalti itu, satu di antaranya saat membela Italia, yakni ketika membendung penalti Alvaro Morata dalam laga lawan Spanyol di semifinal Euro 2020.

Sisa empat penalti lainnya saat membela AC Milan. Dua penalti ia gagalkan saat melawan SS Lazio di babak semifinal Coppa Italia 2017/2018, dan dua lainnya saat menghadapi Rio Ave FC pada babak Kualifikasi Liga Europa 2020/2021. Khusus di Piala Eropa edisi ke-16 ini, Donnarumma telah kebobolan sekali lewat proses penalti. Itu tercipta saat melawan Belgia di babak delapan besar. Berhadapan dengan Romelu Lukaku, Donnarumma tak bisa berbuat banyak. Selama tampil dalam enam pertandingan Euro 2020, Donnarumma juga telah melakukan sembilan penyelamatan. Istimewanya, dari 599 menit laga yang dijalani itu ia membuat 218 umpan yang 174 atau 86 persen di antaranya akurat, tepat sampai ke rekan setim. UEFA juga menyebutkan bahwa kiper 22 tahun ini belum pernah kalah dalam adu penalti. Sepanjang kariernya sejak 2017, dari empat kali adu penalti Donnarumma empat kali menang. Namun, dari empat itu ia hanya tiga kali bertindak sebagai kiper.
Kiper Inggris Jordan Pickford, telah menepis sembilan penalti sepanjang karier profesionalnya. Itu tidak termasuk menepis dua tendangan saat adu penalti melawan Kolombia di Piala Dunia 2018 dan penalti Swiss di UEFA Nations League 2019. Sepanjang karier profesionalnya, kiper Everton ini 32 kali gagal membendung penalti lawan. Dari jumlah itu empat di antaranya saat membela timnas Inggris.

Tags :