Euro 2020: Swiss Punya Rekor Buruk Lawan Spanyol

 

Swiss punya catatan buruk dalam rekor pertemuan melawan Spanyol jelang duel mereka di perempat final Euro 2020 (Euro 2021).

Dalam 22 duel di antara kedua tim, Swiss hanya mampu meraih satu kemenangan atas Spanyol. Sisa 21 laga lainnya berujung 16 kemenangan Spanyol dan lima hasil imbang.

Satu-satunya kemenangan mengejutkan Swiss atas Spanyol ada di fase grup Piala Dunia 2010. Swiss menang tipis 1-0 di laga tersebut lewat gol tunggal Gelson Fernandes.

 

Menariknya, setelah kalah dari Swiss, Spanyol mampu bangkit dan mengakhiri turnamen Piala Dunia 2010 dengan trofi di tangan.

Terlepas dari rekor yang jomplang, Spanyol tetap mesti waspada terhadap Swiss. Pasalnya dalam tiga pertemuan terakhir, Swiss mampu memberikan perlawanan sengit pada Spanyol.

Spain's Mikel Oyarzabal, left, celebrates with Alvaro Morata after scoring his side's fifth goal during the Euro 2020 soccer championship round of 16 match between Croatia and Spain at Parken stadium in Copenhagen, Denmark, Monday, June 28, 2021. (AP Photo/Martin Meissner, Pool)Spanyol tak bisa jemawa meski punya rekor bagus lawan Swiss.  (AP/Martin Meissner)

Swiss mampu meraih dua hasil imbang dan hanya sekali kalah tipis 0-1 dari Spanyol pada Oktober 2020.

Di pertemuan terakhir, Spanyol bisa bermain imbang 1-1. Swiss bahkan unggul lebih dulu sebelum Spanyol menyamakan kedudukan lewat Gerard Moreno saat Swiss sudah bermain dengan 10 orang pemain.

Swiss memang layak diwaspadai bila merujuk performa terakhir melawan Prancis.

Spanyol sendiri lolos ke perempat final usai menang 5-3 atas Kroasia lewat babak perpanjangan waktu.Setelah tertinggal 1-3, Swiss bisa mencetak dua gol balasan di pengujung pertandingan sebelum akhirnya menang lewat adu penalti.

 

 

Tags :