Final Copa America: Messi vs Neymar Berebut Gelar Pertama

Final ideal Copa America 2021 Argentina vs Brasil akan menjadi duel Lionel Messi vs Neymar dalam memperebutkan gelar internasional pertama dalam karier kedua pemain. Argentina lolos ke final Copa America 2021 setelah mengalahkan Kolombia lewat adu penalti 3-2 setelah bermain imbang 1-1 sepanjang 90 menit di Stadion Nacional Mane Garrincha, Brasilia, Rabu (7/7) pagi WIB. Kemenangan itu membuat Argentina bertemu Brasil di final Copa America 2021. Ini adalah kali ke-11 dua negara raksasa sepak bola Amerika Selatan itu bertemu di final Copa America.

Messi dan Neymar merupakan mantan rekan setim di Barcelona sepanjang 2013 hingga 2017. Kepergian Neymar ke PSG ketika itu membuat Messi marah kepada manajemen klub. Messi dan Neymar dipastikan akan melupakan sejenak persahabatan mereka setelah Argentina vs Brasil terjadi di final Copa America 2021. Pertemuan Argentina vs Brasil di final Copa America 2021 menjadi peluang bagi Messi dan Neymar merebut gelar turnamen besar (Copa America/Piala Dunia) pertama bersama timnas masing-masing.

Messi selalu sial bersama timnas Argentina. Tiga final Copa America dilalui Messi bersama tim Tango pada 2007, 2015 dan 2016. La Pulga selalu kalah di tiga final tersebut. Messi juga sempat membawa Argentina ke final Piala Dunia 2014. Namun, kemudian kalah 0-1 dari Jerman di final.

Neymar juga tidak kalah sialnya seperti Messi. Penyerang PSG itu cedera engkel sebelum Copa America 2019 dan harus absen. Selecao kemudian menjadi juara tanpa Neymar setelah mengalahkan Peru di final. Neymar memang sempat membawa Brasil juara Piala Konfederasi 2013. Tapi, gelar itu tidak dianggap sebagai gelar bergengsi. “Saya ingin bertemu Argentina. Saya punya teman di tim itu, dan di final, Brasil akan menang,” ujar Neymar usai Brasil mengalahkan Peru di semifinal Copa America 2021.