Petenis Australia Ashleigh Barty akan menghadapi Karolina Pliskova dari Republik Ceko dalam final tunggal putri Wimbledon 2021 di Centre Court, Sabtu (10/7). Ashleigh Barty lolos ke final Wimbledon 2021 usai mengalahkan Angelique Kerber yang jadi unggulan 25 di semifinal dua set langsung 6-3, 7-6 dengan durasi 1 jam 26 menit. Sementara itu, perjuangan lebih keras dimiliki Pliskova yang harus melewati tiga set sebelum tampil di partai puncak usai menang 5-7, 6-4, 6-4.

Pada semifinal melawan unggulan kedua Aryna Sabalenka, Pliskova tertinggal 5-7 di set pertama. Petenis dengan peringkat 13 dunia itu lalu bangkit di set kedua dengan menang 6-4. Skor serupa dimiliki Pliskova pada set penentuan. Bagi Barty dan Pliskova, pertandingan nanti jadi final pertama keduanya di Wimbledon. Melawan Pliskova merupakan upaya Barty dalam mengincar gelar grand slam kedua
“Ya, itu luar biasa. Itu momen yang melegakan, murni momen kegembiraan. Itu adalah sesuatu yang saya tidak pernah tahu, apakah akan saya rasakan [final],” ujar Barty dikutip dari situs WTA. “Saya pikir bisa memiliki kesempatan bermain di final di sini di Wimbledon luar biasa,” Barty menambahkan. Wimbledon 2021 merupakan final grand slam kedua Pliskova setelah US Open 2016. Sayangnya, pada final tersebut Pliskova kalah dari Angelique Kerber.

“Berada di final luar biasa. Ini pencapaian yang luar biasa. Itu adalah pertandingan yang luar biasa dari kami berdua,” tutur Pliskova dikutip dari situs Wimbledon. “Saya memiliki begitu banyak peluang di set pertama dan sedikit frustrasi, tetapi dia melakukan servis dengan luar biasa. Banyak pujian untuknya, tetapi saya sangat senang berhasil menemukan cara untuk menang,” kata Pliskova melanjutkan.