Foden Absen Latihan Jelang Italia vs Inggris di Final Euro

Phil Foden absen dalam sesi latihan terbuka timnas Inggris hanya satu hari jelang melawan Italia pada final Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Wembley, London, Senin (12/7) dini hari WIB. Dilansir dari Daily Mail, Foden hanya bisa menyaksikan sesi latihan rekan-rekan setimnya pada Sabtu (10/7) waktu setempat. Akun Twitter resmi The Three Lions menyatakan Foden mengalami cedera ringan dan tak ikut sesi latihan sebagai tindakan pencegahan. Tim medis Inggris sudah mengetahui cedera ringan yang dialami oleh Foden pada Jumat (9/7). Alasan itu pula yang membuat Foden absen dalam sesi latihan terakhir tim jelang laga melawan Italia.

Foden kini hanya bisa berharap ia bisa pulih tepat waktu untuk masuk dalam skuad Inggris melawan Gli Azzurri di final Euro 2020. Foden jadi satu-satunya pemain Inggris yang absen di sesi latihan tersebut. Sebanyak 25 pemain timnas Inggris lainnya bisa mengikuti sesi latihan yang dipimpin oleh pelatih Gareth Southgate.
Foden bermain di laga terakhir Inggris saat mengalahkan Denmark 2-1 lewat babak perpanjangan waktu di semifinal Euro 2020. Pemain Manchester City itu masuk sebagai pemain pengganti di laga tersebut.

Foden belakangan lebih banyak duduk di bangku cadangan. Ia kalah bersaing dengan Jadon Sancho dan Bukayo Saka untuk mengisi posisi penyerang sayap kanan Inggris. Sebelum itu, Foden sebenarnya selalu jadi pilihan utama Southgate mendampingi Harry Kane dan Raheem Sterling di lini depan. Foden bermain sejak menit pertama saat Inggris mengalahkan Kroasia 1-0 dan bermain imbang tanpa gol melawan Skotlandia.