Gratis Perbaikan Rumah Mewah Eny dan Tiko, Ketua RT: Banjir Donasi dari YouTuber hingga Warga

TEMPO.COJakarta – Ketua RT 006 RW 02 Kompleks PLN Klender Noves Haristedja menyebut banyak donatur menyalurkan bantuan untuk membersihkan dan memperbaiki rumah mewah yang diklaim milik Eny Sukaesi dan Tiko. Menurut dia, para donatur ini berasal dari pemerintah, YouTuber, hingga orang tak dikenal.  

“Alhamdulillah gratisan semua ya, sama bantuan RT juga. Kami juga dapat bantuan dari Damkar, PPSU, para YouTuber, dan warga juga. Ada juga donasi dari orang tidak dikenal,” kata dia saat ditemui Tempo, Sabtu, 7 Januari 2023. 

Noves tak merincikan total bantuan yang sudah diterima Eny. Rumah ini berlokasi di Kompleks PLN Klender, Jalan Paron Nomor 48, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Sebelumnya, rumah yang diakui Eny itu terbengkalai 12 tahun lamanya. 

Eny dan Tiko hidup di sana tanpa aliran listrik ataupun air. Bertahun-tahun rumah mewah itu tertutup rumput dan ilalang yang menjalar. Pohon-pohon tinggi yang rimbun menutup rumah dan memenuhi halaman rumah hingga ke pagar-pagar.

Orang akan mengira, bahwa rumah itu adalah rumah kosong yang telah lama ditinggal pemiliknya dan tak berpenghuni. Rumah hantu. Padahal, rumah yang tak terawat dengan debu tebal itu dihuni Eny dan anaknya bernama Tiko. 

Petugas dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur lantas datang untuk membersihkan rumah tersebut pada Rabu, 4 Januari 2023.

Noves menyatakan, rumah mewah ini bisa mulai ditempati. Pengurus RT setempat bahkan tak mengizinkan warga lain masuk agar rumah tetap bersih. 

“Udah bersih, bahkan bisa tidur-tiduran itu di lantai karena udah bersih. Makanya kami enggak izinkan masuk (warga luar), karena seperti sebelumnya, udah dibersihin pada masuk akhirnya kotor lagi,” jelas dia.