Harus Presisi, Ini Tahapan Merakit Motor MotoGP

Merakit motor MotoGP ternyata tak sulit bagi mekanik Grand Prix yang berpengalaman. Namun, merakitnya harus sampai presisi.

Motor balap MotoGP dikirim ke lokasi sirkuit sudah dalam bentuk utuh. Hanya saja, setiap tim tetap membawa komponen motor yang siap rakit dari awal.

Hal ini lumrah, karena di lintasan balap, kecelakaan bisa saja terjadi dan menyebabkan motor rusak bahkan hancur. Dirangkum dari tayangan Off Season Show MotoGP dan laman Box Repsol, merakit sebuah motor MotoGP ternyata hanya memerlukan waktu dalam hitungan jam.

1. Dimulai dengan menyatukan bagian rangka dan swingarm

Harus Presisi, Ini Tahapan Merakit Motor MotoGP

Bagian pertama yang menjadi titik awal perakitan motor adalah rangka. Bagian rangka ini kemudian disatukan dengan swingarm.

Pada bagian swingarm sudah terpasang kaliper rem belakang dan footrest dengan tuas remnya. Beberapa bagian motor memang sudah pre-assembled. Tujuannya untuk mengantisipasi, ketika harus merakit motor dari awal seperti ini, mekanik tidak perlu merakit dari bagian yang paling kecil.

Setelah rangka dan swingarm menyatu, berikutnya adalah memasukkan rantai melalui swingarm. Barulah menguatkan bagian footrest agar terpasang dengan rapi dan stabil.

2. Menyatukan bagian depan motor pada rangka

Harus Presisi, Ini Tahapan Merakit Motor MotoGP

Setelah tahap pertama selesai, mekanik memasang bagian depan motor pada rangka. Bagian depan motor ini sudah full pre-assembled. Komponen seperti pegangan kemudi, baut breket, setang, tuas untuk rem dan kopling, semuanya sudah menyatu.

Pada bagian depan motor ini juga sudah terdapat tombol untuk mengontrol ECU (Electronic Control Unit). Selain itu, komponen dashboard, kabel steering damper, katup udara, dan sepatbor juga sudah menyatu.

Setelah bagian depan sudah terpasang pada batang kemudi, selanjutnya memasang steering damper ke bagian rangka. Semua proses ini harus dilakukan dengan tepat. Jika tidak, masalah pengendalian motor akan dialami pembalap nantinya.

3. Memastikan kabel terpasang dengan presisi pada lokasi yang tepat

Harus Presisi, Ini Tahapan Merakit Motor MotoGP

Motor MotoGP memiliki sistem teknologi elektronik canggih yang berperan sangat penting. Semua sensor dan kabel terhubung pada ECU. Sistem ini cukup kompleks, sehingga pemasangannya harus tepat dan presisi.

Kabel dipasang pada bagian dalam rangka dengan hati-hati agar tidak menyentuh komponen lainnya, terutama bagian motor yang menghantarkan panas. Jika terkena panas, kabel bisa saja terputus sehingga merusak sistem elektronik yang ada.

Setelah pemasangan kabel di bagian rangka selesai, selanjutnya mekanik memasang dudukan jok di mana tangki bahan bakar akan ditempatkan. Lalu, mekanik memasang bagian buritan yang sudah terdapat elemen elektronik dan sensor. Barulah selanjutnya kabel-kabel yang dibutuhkan dipasang di bagian ini.

4. Menyatukan mesin dengan rangka

Harus Presisi, Ini Tahapan Merakit Motor MotoGP

Pemasangan mesin MotoGP pada bagian rangka terbilang gampang-gampang susah. Mesinnya sendiri utuh karena tersegel. Jadi, yang harus dilakukan mekanik tinggal memasangkan mesin pada rangka.

Proses ini perlu kehati-hatian. Tantangannya adalah menjaga agar mesin tidak mengenai kabel atau komponen tambahan lain yang sebelumnya sudah terpasang.

Setelah mesin sudah berada di dalam rangka, selanjutnya menghubungkan mesin dengan rantai. Ketika mesin sudah benar-benar berada di posisi yang tepat, barulah setiap sekrup mesin pada rangka dikencangkan.

5. Memasang komponen lain: dari suspensi hingga ban depan dan belakang

Harus Presisi, Ini Tahapan Merakit Motor MotoGP

Karena mesin sudah menempel pada rangka, selanjutnya mekanik akan fokus pada pemasangan komponen lainnya. Mekanik akan memasang knalpot bagian depan yang sudah terdapat sensor. Lalu, dilanjutkan dengan memasang suspensi atau shockbreaker di bagian tengah motor.

Proses selanjutnya adalah menyelesaikan bagian atas motor. Dimulai dengan memasang filter udara di sebelah badan injector. Kemudian, menyambungkan semua kabel di area ini, termasuk dengan saluran bahan bakar.

Saat injector sudah terpasang, barulah tangki bahan bakar diletakkan pada bagian jok. Ketika selesai, barulah penutup tangki bahan bakar ditempatkan di atasnya.

Proses berikutnya yaitu memasang ban depan yang sudah terpasang rem cakram pada peleknya. Begitu juga dengan ban belakang, keduanya harus dipasangkan dengan presisi untuk memastikan piringan cakram terpasang secara tepat pada kalipernya.

6. Tahap akhir: windscreen dan fairing

Harus Presisi, Ini Tahapan Merakit Motor MotoGP

Sampai tahap ini, motor sebenarnya sudah hampir siap. Pada bagian akhir, barulah mekanik memasangkan windscreen di bagian depan dan fairing di setiap sisi motor.

Setelah semuanya terpasang, motor sudah bisa diisi bahan bakar, pelumas, dan cairan pendingin. Motor MotoGP sudah selesai dirakit.

Motor MotoGP adalah motor prototipe yang memang dibuat khusus untuk keperluan balap. Pemasangan setiap bagiannya tentu hanya bisa dilakukan oleh mekanik terlatih dan berpengalaman.

Setelah motor siap, hal yang tidak kalah penting adalah melakukan set-up. Ini tahap yang penting karena dengan set-up yang tepat, pembalap akan bisa membalap dengan kompetitif. Jika motor dan pembalapnya kompetitif, inilah yang membuat MotoGP makin seru.