Hasil Copa America 2021: Brasil Lolos ke Final

 

Brasil lolos ke final Copa America 2021 setelah mengalahkan Peru 1-0 pada semifinal yang berlangsung di Stadion Olimpico Nilton Santos, Rio de Janeiro, Selasa (6/7) pagi WIB.

Brasil lebih dominan atas Peru sejak awal babak pertama. Tim asuhan Tite itu melakukan penguasaan bola lebih banyak dan sudah mengancam gawang Peru sejak awal laga.

Pada menit delapan, Richarlison membuang peluang emas setelah kontrol bolanya tidak sempurna meski sudah melewati kiper Peru Pedro Gallese. Penyerang Everton itu terlalu keras dalam sentuhan pertama, sedangkan umpan tarik yang dilakukan Richarlison gagal dimanfaatkan Neymar.

 

Setelah tendangan bebas Casemiro mampu diblok Gallese pada menit ke-13, kiper Orlando City itu kemudian melakukan dua penyelamatan secara beruntun pada menit ke-19 setelah memblok tendangan Neymar dan Richarlison.

Gol yang ditunggu-tunggu Brasil akhirnya datang pada menit ke-35. Berawal dari aksi individu menawan Neymar yang mengecoh dua pemain Peru di dalam kotak penalti, penyerang PSG itu kemudian mengirim umpan tarik ke Lucas Paqueta.

Paqueta yang tidak terkawal di dalam kotak penalti kemudian dengan tenang melepaskan tendangan kaki kiri yang tidak mampu diantisipasi Gallese. Skor 1-0 untuk Brasil bertahan hingga akhir babak pertama.

Brasil selanjutnya akan menghadapi pemenang antara Argentina vs Kolombia pada final Copa America 2021 yang akan berlangsung di Stadion Maracana, Rio De Janeiro, Minggu (11/7) pagi WIB.Di babak kedua Peru mampu beberapa kali mengancam gawang Brasil, salah satunya melalui tendangan penyerang Gianluca Lapadula. Namun, usaha Peru untuk menyamakan kedudukan selalu gagal. Skor 1-0 untuk Brasil bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain

Brasil: Ederson; Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Renan Lodi; Lucas Paqueta, Casemiro, Fred; Neymar; Everton Sousa, Richarlison.

Peru: Pedro Gallese; Aldo Corzo, Anderson Santamaria, Christian Ramos, Alexander Callens, Miguel Trauco; Sergio Pena, Renato Tapia, Yoshimar Yotun; Christian Cueva, Gianluca Lapadula.