Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Italia Kalahkan Lithuania 5-0

Italia sukses menang 5-0 atas Lithuania dalam pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.
Pertandingan Italia vs Lithuania ini digelar di Stadion Mapei – Citta del Tricolore pada Kamis (9/9) dini hari WIB.

Sejak awal permainan, Italia langsung menerapkan strategi ball possession dengan sangat baik dan berani untuk bermain terbuka dalam menyerang.

Sementara, Lithuania dalam pertandingan ini lebih banyak mengandalkan serangan balik dengan memanfaatkan kecepatan barisan penyerang mereka.

Tetapi, serangan Lithuania tampak terlalu monoton karena selalu bertumpu pada sektor sayap, sehingga serangan mereka terlalu mudah dibaca dan dipatahkan oleh bek Italia.

Italia mampu membuka keunggulan pada menit ke-10 lewat pemain gol Moise Kean.
Empat menit kemudian, Italia berhasil memperlebar keunggulan menjadi 2-0 lewat gol bunuh diri Edgaras Utkus.

Bek Lithuania itu tak sengaja memasukkan bola ke gawang sendiri setelah berusaha memblok tendangan Giacomo Raspadori dengan dadanya.

Italia kemudian sukses mencetak gol ketiga pada menit ke-25 lewat Raspadori usai memanfaatkan blunder pemain belakang Lithuania yang salah membuang bola.

Gli Azzurri kembali memperlebar keunggulan menjadi 4-0 pada menit ke-29 lewat gol Moise Kean usai meneruskan umpan lambung yang diberikan Federico Bernardeschi.

Sebelum turun minum, Raspadori nyaris mencetak gol kedua pada menit ke-38 saat tendangan kerasnya hanya meluncur tipis di sisi kanan atas gawang Lithuania. Italia pun berhasil menutup pertandingan babak pertama dengan kemenangan 4-0.

Di babak kedua, Italia kembali mengambil inisiatif menyerang. Peluang pertama Italia di babak kedua pun didapatkan pada menit ke-48 lewat tembakan Federico Bernardeschi, namun tembakannya masih meluncur tipis di sisi kiri gawang Lithuania.

Pada menit ke-52, Raspadori berhasil membobol gawang Lithuania. Namun, gol tersebut dianulir wasit karena Raspadori dinilai dalam posisi offside.

Pada menit ke-54, Italia akhirnya berhasil menambah keunggulan menjadi 5-0 lewat gol cantik bek kanan Italia Giovanni Di Lorenzo setelah tendangannya yang diniatkan untuk mengumpan justru masuk ke sudut gawang Lithuania.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang mampu diciptakan kedua tim. Italia pun memastikan kemenangan 5-0 atas Lithuania.

Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni Cristiano Biraghi; Matteo Pessina, Jorginho, Bryan Cristante; Federico Bernardeschi, Giacomo Raspadori, Moise Kean

Lithuania (4-2-3-1): Ernestas Setkus; Justas Lasickas, Linas Klimavicius, Edgaras Utkus, Vaidas Slavickas; Martynas Dapkus, Vykintas Slivka; Arvydas Novikovas, Ovidijus Verbickas, Donatas Kazlauskas; Edgaras Dubickas