Hasil Piala Dunia 2022: Argentina Lolos ke Semifinal, Kalahkan Belanda Lewat Adu Penalti

TEMPO.COJakarta – Pertandingan Belanda vs Argentina tersaji pada babak perempat final Piala Dunia 2022 di Lusail, Doha, Qatar, Sabtu dinihari, 10 Desember 2022.

Kedua tim bermain 2-2 hingga babak perpanjangan waktu berakhir. Argentina akhirnya lolos ke semifinal setelah memenangi adu penalti dengan skor 4-3.

Pencetak Gol


Nahuel Molina membuka keunggulan Timnas Argentina lewat golnya pada menit ke-35. Gol ini tercipta lewat assist Lionel Messi yang melakukan dribble menusuk kotak penalti lawan. 

Messi kemudian melengkapi assist tersebut dengan gol. Ia menjebol gawang lawan dari titik penalti pada menit ke-73. Penalti diberikan wasit setelah Marcos Acuna dijatuhkan Denzel Dumfries.

Belanda meraih satu gol pada menit ke-83. Wout Weghorst mencetak gol, memanfaatkan umpan Steven Berghuis.

Pada menit ke-11 injury time, Belanda mampu menyamakan kedudukan. Wout Weghorst kembali mencetak gol, kali ini lewat assist Teun Koopmeiners. Skor 2-2, pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Adu Penalti


Skor 2-2 bertahan hingga babak perpanjangan waktu usai. Adu penalti pun akhirnya dilakukan.

Virgil van Dijk yang jadi penendang Belanda pertama gagal mencetak gol setelah tembakannya dibendung Emilio Martinez. Messi yang jadi penendang Argentina sukses mencetak gol.

Steven Berghuis yang jadi penendang kedua Belanda juga gagal mencetak gol karena dibendung Martinez. Leandro Paredes mampu mencetak gol buat Argentina.

Teun Koopmeiners dan Wout Weghorst mencetak gol buat Belanda. Di kubu Argentina Gonzalo Montiel mencetal gol sedangkan tembakan Enzo Fernandes melebar. Skor sementara 2-3.

Luuk de Jong mencetak gol buat Belanda, tapi Argentina akhirnya menang 3-2 setelah Lautaro Martinez mencetak gol.

Pilihan Pemain dan Susunan Pemain


Argentina memasukkan Lisandro Martinez dalam susunan starter, menggantikan Alejandro Gomez. Pilihan ini mengindikasikan pendekatan hati-hati dari pelatih Lionel Scaloni.

Rodrigo De Paul yang sempat dikabarkan cedera dimainkan. Tetapi penyerang veteran Angel di Maria tidak masuk dalam susunan pemain untuk kedua kalinya berturut-turut.

Di kubu lawan, pelatih Belanda Louis van Gaal membuat kejutan dengan memasang pemain depan Steven Bergwijn. Ia memainkan trisula penyerangan,  bersama Memphis Depay dan dengan Cody Gakpo. 

Susunan Pemain


Belanda: Andries Noppert, Daley Blind, Nathan Ake, Virgil van Dijk (katpen), Jurrien Timber, Denzel Dumfries, Marten de Roon, Steven Bergwijn, Frenkie de Jong, Cody Gakpo, Memphis Depay. 

Argentina: Emiliano Martinez, Cristian Romero, Lisandro Martinez, Nicolas Otamendi, Nahuel Molina, Marcos Acuna, Rodrigo De Paul, Alexis Mac Allister, Enzo Fernandez, Julian Alvarez, Lionel Messi.

Statistik Pertandingan 


Hingga akhir babak pepanjangan waktu, Belanda unggul dalam penguasaan bola, mencapai 54 persen. Mereka melakukan 5 percobaan tembakan ke gawang, namun hanya dua yang terarah. Argentina melakukan 8 tembakan dengan 4 yang terarah. 

Apa Selanjutnya?


Timnas Argentina akan menghadapi Kroasia di babak semifinal, pada 13 Desember. Kroasia lolos ke empat besar setelah menyingkirkan Brasil, yang awalnya difavoritkan juara. Mereka bermain 1-1 hingga babak tambahan waktu dan Kroasia menang 4-2 dalam adu penalti.