Hasil Piala Dunia 2022: Babak I Kroasia Ungguli Maroko 2-1

TEMPO.COJakarta – Babak pertama perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022 antara Kroasia melawan Maroko berakhir imbang 1-1. Kedua tim sama-sama bermain hati-hati di awal babak pertama. 

10 menit pertama Kroasia tampil lebih dominan dengan penguasaan bola hingga 80 persen berbanding 20 persen menurut situs Livescore.

Kroasia unggul terlebih dahulu tujuh menit setelah kick off. 

Gol Kroasia berawal dari sebuah pelanggaran yang dilakukan pemain Maroko tak jauh dari luar kotak penalti. Bola tendangan bebas diarahkan ke sisi kiri gawang Maroko yang dijaga Yassine Bounou. Bola kemudian disundul ke tengah oleh Ivan Perisic, dan diteruskan dengan sundulan keras bek Josko Gvardiol. 1-0 untuk Kroasia. 

Tertinggal satu gol membuat Maroko meningkatkan permainan. Hanya berselang dua menit, wakil Afrika ini mampu menyamakan kedudukan lewat gol Achraf Dari. Gol Dari memanfaatkan tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Kroasia. 

Tendangan bebas melambung diarahkan langsung ke mulut gawang Kroasia yang dijaga Dominik Livakovic. Bola kemudian disundul Dari dan masuk. Posisi menjadi sama kuat 1-1.

Setelah kedua gol itu, baik Kroasia dan Maroko saling menekan. Beberapa peluang emas tercipta. Menit ke-23 misalnya, Luka Modric mendapatkan kesempatan untuk melakukan tembakan langsung ke gawang Maroko. Bola mendatar yang mengarah ke sisi kanan gawang masih bisa ditepis Bounuo. Sayang, bola masih bisa dihalau bek Maroko.

Menit ke-30 giliran Maroko mendatakan kesempatan emas. Youssef En-Nesyri yang berhasil membuat tusukan di sisi kiri pertahanan Kroasia melepaskan tembakan keras langsung ke arah gawang. Sayang, bolanya masih melamng di atas mistar. 

Nesyri kembali memperoleh peluang emas di menit ke-36, sundulannya dari umpan sepak pojok tipis mengarah ke pokjok kanan gawang Kroasia. 

Kroasia mampu menambah gol di menit ke-42 lewat Mislav Orsic yang mendapatkan umpan matang dari Marko Livaja. Dari sisi kanan luar kotak penalti, pemain bernomor punggung 18 ini melepaskan tembakan kaki kanan melengkung yang mengarah ke pojok kiri atas gawang Maroko. Kedudukan menjadi 2-1 untuk Kroasia. 

Data statistik Livescore menunjukkan Kroasia menguasai jalannya babak pertama dengan penguasaan bola 59 persen berbanding 41 persen. Kroasia mencatat 4 tembakan langsung ke arah gawang, sedangkan Maroko hanya 1 kali.