Hasil Piala Dunia 2022 Grup B: Inggris dan Amerika Serikat Lolos ke Babak 16 Besar

TEMPO.COJakarta – Hasil Piala Dunia 2022 pada Rabu dinihari, 30 November 2022, menampilkan pertandingan Grup B. Inggris dan Amerika Serikat lolos ke babak 16 besar. 

Inilah ringkasannya:

Inggris vs Wales 3-0

Timnas Inggris melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Wales dengan skor 3-0 dalam laga di Ahmed bin Ali Stadium.

Tiga gol Inggris pada laga ini tercipat di babak kedua. Marcus Rashford mencatatkan brace di menit ke-50 dan 68. Sedangkan satu gol Inggris lainnya dicetak bintang Manchester City, Phil Foden pada menit ke-51.

Inggris tampil dominan sepanjang pertandingan. Perdaan kelas terlihat cukup jelas dalam laga ini. Pasukan Gareth Southgate mendominasi penguasaan bola dengan peresentase mencapai 65 berbanding 35 persen.

Kemudian Inggris juga mencatatkan tujuh tembakan tepat sasaran dari total 18 lesatan. Sedangkan Wales melepaskan tujuh namun hanya ada satu yang on target.

Kemenangan ini memastikan Inggris lolos ke babak sistem gugur. Mereka memuncaki klasemen Grup B dengan tujuh poin. Sementara Wales dipastikan tersingkir setelah hanya mengoleksi satu poin dari tiga pertandingan di penyisihan grup.

Wales mengakhiri Piala Dunia 2022 dengan menempati posisi terbawah pada klasemen Grup B.

Iran vs Amerika Serikat 0-1

Timnas Amerika Serikat juga melaju setelah membungkam Iran dengan skor 1-0. Gol semata wayang Christian Pulisic di babak pertama.

Setelah bermain imbang melawan Wales dan Inggris, Amerika Serikat berada di posisi ketiga klasemen Grup B. Sementara Iran di pos kedua hanya butuh hasil imbang.

Sadar kemenangan menjadi harga mati, AS menekan sejak menit pertama dan menguasai permainan. Dalam 15 menit pertama, AS membangun serangan dari sayap melalui Sergino Dest dan Timothy Weah.

Pergerakan duo ini berhasil memberikan operan untuk penyerang muda Yunus Musah yang hari ini genap berusia 20 tahun. Bersama Christian Pulisic, pemain sempat memperkuat timnas junior Inggris itu berhasil merepotkan barisan pertahanan Iran. Duo ini melepaskan dua tembakan, satu di antaranya mengarah ke gawang.  

Setelah terus menyerang dan melepaskan 9 tembakan, tim asuhan Gregg Berhalter berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-38.Berawal dari sisi kanan pertahanan Iran, Dest melepaskan crossing yang disambut Pulisic untuk menggetarkan gawang Iran. Skor 1-0.

Dominasi AS berlanjut hingga babak pertama berakhir meski mereka sempat menambah keunggulan lewat tembakan Weah, yang dianulir karena offside.

Iran bermain tidak cukup baik di 45 babak pertama dan membuat pelatih mereka geram. Mereka bahkan tak berhasil melepaskan satu tembakan pun.

Setelah menarik Milad Mohamemadi karena cedera di injury time, Iran juga mengganti Sardar Azmoun di babak kedua dan memasukkan Saman Ghoddos.

Sementara, AS menarik Pulisic yang mengalami cedera setelah mencetak gol. Tempatnya diisi Brenden Aaronson.   

Berbeda dengan penampilan di babak pertama, Iran mampu memberikan perlawanan dengan beberapa kali menusuk pertahanan AS.

Peluang pertama didapat Iran dari crossing luar biasa Rezaeian tapi gagal dimanfaatkan Ghoddos. Hingga laga memasuki menit ke-75, Iran sukses melepaskan 2 tembakan meski tidak ada yang mengarah ke gawang.

AS tampil bertahan untuk mengamankan keunggulan mereka, membuat Iran bermain lepas untuk balik menekan. Kendati begitu, Iran gagal mencetak gol untuk menyamakan kedudukan.

AS akhirnya berhasil mengamankan kemenangan dan lolos ke perdelapan final untuk kelima kalinya. Mereka akan mendampingi Inggris yang tampil sebagai juara grup.