Hasil Piala Dunia 2022 Grup E: Hantam Spanyol 2-1, Jepang Lolos 16 Besar, Jerman Tersingkir

TEMPO.CO, Jakarta – Tim Samurai Biru Jepang akhirnya melenggang ke babak 16 besar setelah secara dramatis menundukkan Spanyol  dengan skor 2-1 dalam penyisihan Grup E Piala Dunia di Khalifa International Stadium, Qatar, Jumat, 2 Desember 2022. Jepang sempat tertinggal lebih dulu pada menit ke-12 oleh gol yang dicetak lewat tandukan Alvaro Morata. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua Jepang meningkatkan intensitas serangannya. Sementara Tim Matador yang telah unggul, sering kali memain-mainkan bola di lini belakang, termasuk menyodorkan ke kiper. Pada menit ke 49 penjaga gawang Spanyol Unai Simon kurang cermat mengirim bola ke sisi kiri pertahanan sehingga berhasil direbut pemain lawan. Pemain Jepang, Doan, akhirnya menceploskan bola ke jala gawang Simon dengan tendangan kerasnya.

Jepang menggandakan keunggulannya pada menit ke-52 melalui kaki Tanaka. Wasit mengesahkan gol tersebut kendati bola terlihat telah ke luar lapangan sebelum ditendang masuk ke dalam gawang Spanyol oleh Tanaka. Tertinggal 2-1, pelatih Spanyol Luis Enrique mencoba mengubah skema permainan dengan memasukkan Asensio dan Jordi Alba. Meski demikian hingga babak kedua berakhir skor tetap tak berubah.

Walau kalah, Spanyol tetap lolos ke fase knock out mendampingi Jepang. Sebab pesaing mereka, Jerman, terpaksa pulang lebih awal kendati berhasil mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2 di Al Bayt Stadium di waktu yang bersamaan. Jerman finish di urutan ketiga karena kalah selisih gol dengan Spanyol walaupun sama-sama mengemas empat poin.

Kemenangan Jepang atas Spanyol memberikan kejutan tersendiri pada Piala Dunia 2022 ini. Sebab pada pertandingan sebelumnya wakil Benua Asia itu juga menundukkan tim kuat Jerman dengan skor 2-1. Sehingga dalam grup neraka itu Jepang berhasil menaklukkan dua tim unggulan sekaligus pernah juara pada turnamen ini sebelumnya.