Hasil Superpole WSBK Catalunya: Lecuona Pole Pertama Honda Sejak 2016

Pembalap Team Honda Racing Corporation (HRC) Iker Lecuona mampu mendominasi sesi Superpole putaran kedelapan WSBK yang berlangsung di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol.

Melibas total enam lap Sirkuit Catalunya, pembalap asal Spanyol itu menembus waktu lap 1 menit 40,766 detik yang dibuatnya pada lap kelima.

Torehan Lecuona ini mengejutkan sekaligus membanggakan bagi Honda. Pasalnya, inilah Superpole pertama pabrikan berlogo sayap mengepak itu di WSBK sejak 2016, tepatnya saat Michael van der Mark (kini pembalap BMW Motorrad) merebutnya di Sirkuit Buriram, Thailand.

Duo Kawasaki Racing Team WorldSBK, Alex Lowes dan Jonathan Rea, harus puas masing-masing start dari grid kedua dam ketiga WSBK Catalunya. Lowes terpaut 0,023 detik dari Lecuona sementara Rea tertinggal 0,217 detik.

Pembalap tim pabrikan Pata Yamaha with Brixx WorldSBK Andrea Locatelli akan start dari baris kedua setelah menempati P4 di Superpole. Ia terpaut 0,225 detik dari Lecuona.

Pemimpin klasemen sementara WSBK Alvaro Bautista (Aruba.it Racing – Ducati) menggenapi lima besar setelah tertinggal 0,382 detik dari Lecuona.

Juara dunia yang juga rekan setim Locatelli, Toprak Razgatlioglu, harus bekerja keras pada Race 1 yang akan berlangsung Sabtu malam WIB nanti setelah hanya berada di posisi kedelapan. Pembalap asal Turki tersebut tertinggal hingga 0,872 detik dari Lecuona.

Insiden sempat terjadi pada sesi Superpole yang hanya berdurasi 15 menit tersebut. Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing – Ducati) sempat keluar trek dan terjatuh di Tikungan 1.

Namun, pembalap Italia itu masih mampu melanjutkan sesi dan menempati peringkat ke-10 usai tertinggal 1 detik lebih dari Lecuona.

Iker Lecuona sendiri langsung memimpin saat sesi berlangsung selama lima menit. Saat itu ia diikuti Lowes, Razgatlioglu, Rea, dan Xavi Vierge (Team HRC).

Lime menit berselang, Bautista merangsek ke P5, tepat di belakang Vierge. Komposisi lima besar: Lecuona, Lowes, Razgatlioglu, Vierge, dan Bautista ini bertahan sampai 3,5 menit menjelang sesi berakhir.

Superpole WSBK Catalunya makin panas kurang dari dua menit menjelang chequered flag. Locatelli melesat ke P1 diikuti Bautista. Namun, kurang dari satu menit sesi berakhir, Iker Lecuona berhasil merebut kembali posisi pertama dan bertahan sampai Superpole tuntas