Hasil UEFA Nations League: Spanyol ke Final

Spanyol lolos ke final UEFA Nations League usai mengalahkan Italia 2-1 pada babak semifinal di Stadion San Siro, Kamis (7/10) dini hari waktu Indonesia.
Spanyol unggul 2-0 di babak pertama lewat gol yang dicetak Ferran Torres pada menit ke-17 dan 45+2′. Kedua gol Torres itu berasal dari assist Mikel Oyarzabal.

Tidak saja tertinggal 0-2 pada paruh pertama, Italia juga harus bermain dengan 10 orang setelah kapten Leonardo Bonucci dikartu merah wasit Sergey Karasev pada menit ke-42 usai menerima kartu kuning kedua karena menyikut Sergio Busquets.

Kehilangan satu pemain membuat Italia kesulitan memberikan perlawanan seimbang kepada Spanyol di babak kedua. Sebaliknya tim tamu dengan nyaman memainkan bola dan menguasai permainan.

Meski demikian, Spanyol tetap kesulitan mendapatkan peluang gol pada awal-awal babak kedua. Tim asuhan Luis Enrique itu baru memiliki kans menambah gol pada menirt ke-64 lewat sundulan Mikel Oyarzabal.

Lorenzo Pellegrini mencetak gol balasan menjelang laga usai. (REUTERS/ALESSANDRO GAROFALO)
Hanya saja, sundulan Oyarzabal yang memanfaatkan umpan silang Yeremi Pino dari sisi kanan masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Gianluigi Donnarumma.

Peluang emas kembali didapat Spanyol pada menit ke-78. Akan tetapi tendangan kaki kiri Marcos Alonso yang memanfaatkan umpan terobosan Yeremi Pino bisa ditepis Donnarumma.

Bola rebound yang dikuasai Spanyol juga tidak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh anak asuh Luis Enrique.

Alih-alih menambah gol, Spanyol justru kecolongan lewat gol Lorenzo Pellegrini bekerja sama dengan Federico Chiesa pada menit ke-83.

Gol itu tercipta dari serangan balik setelah menghalau peluang Spanyol lewat sepak pojok. Bola yang disapu bersih Giorgio Chiellini gagal diantisipasi Yeremi Pino.

Pino blunder lantaran bola yang disundulnya bisa direbut Chiesa. Sementara itu Pau Torres yang sudah terlanjur maju gagal mengadang laju Chiesa.

Kondisi itu membuat Chiesa leluasa masuk ke kotak penalti Spanyol dan memberikan umpan matang kepada Pellegrini.

Kedua tim sama-sama memberikan tekanan kepada lawan pada sisa pertandingan, akan tetapi tidak ada gol tambahan tercipta. Spanyol menang 2-1 atas Italia dan berhak lolos ke final.

Pada final nanti Spanyol menunggu pemenang semifinal lain yang mempertandingkan Prancis vs Belgia, Jumat (7/10) dini hari WIB. Babak final sendiri kembali digelar di San Siro, Senin (11/10).

Susunan Pemain Italia vs Spanyol:

Italia: Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Bastoni, Emerson; Barella, Jorginho, Verratti; Chiesa, Insigne, Bernardeschi

Spanyol: Simon; Azpilicueta, Laporte, P. Torres, Alonso; Koke, Busquets, Gavi; Sarabia, F. Torres, Oyarzabal