HT Liverpool Vs Brighton: Trossard “Ngamuk”, The Reds Tertinggal 1-2

Babak pertama pertandingan Liverpool vs Brighton & Hove Albion berakhir 1-2 untuk keunggulan tim tamu

Duel Liverpool vs Brighton yang merupakan laga pekan ke-8 Liga Inggris berlangsung di Stadion Anfield pada Sabtu (1/10/2022) malam WIB.

Dua gol Brighton diborong oleh gelandang serang asal Belgia, Leandro Trossard. Proses gol pertama (4′) dan kedua (18′) Trossard nyaris identik.

Adapun satu gol balasan Liverpool dicetak oleh Roberto Firmino pada menit ke-33.

Trossard mencetak dua golnya lewat tembakan keras kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Kedua gol Trossard kali ini tidak lepas dari kesalahan bek kanan Liverpool, Trent Alexander-Arnold.

Gol pertama Brighton lahir dari kecerdikan Trossard mengelabui Alexander-Arnold dengan gerakan memutar.

Trossard kemudian dengan bebas melepaskan tembakan kaki kiri setelah Alexander-Arnold terjatuh ketika hendak menutup ruang.

Adapun gol kedua Brighton berawal dari kesalahan fatal Alexander-Arnold mengontrol bola dengan dada ketika sedang ditekan pemain Brighton di lini tengah.

Ini adalah kali kelima Liverpool asuhan Juergen Klopp kebobolan terlebih dahulu dalam tujuh pertandingan musim 2022-2023.

Dikutip dari Opta, Trossard menjadi pemain pertama yang mampu mencetak dua gol pada babak pertama laga Premier League kontra Liverpool di Stadion Anfield sejak Oktober 2008.

Ulasan Pertandingan Liverpool Vs Brighton:

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, kali ini menunjuk Fabio Carvalho untuk menemani Roberto Firmino dan Mohamed Salah di lini depan.

Keputusan Klopp iu membuat Diogo Jota, Luis Diaz, dan Darwin Nunez, harus memulai laga dari bangku dangan.

Di lain sisi, Brighton yang kini dilatih Roberto De Zerbi masih menggunakan skema tiga bek tengah seperi ketik era Graham Potter.

De Zerbi kali ini menerapkan formasi 3-4-2-1 mengandalkan Danny Welbeck di lini depan. 

Tepat pada menit keempat, Brighton selaku tim tamu berhasil unggul 1-0 berkat gol Leandro Trossard.

Menerima umpan backheel dari Danny Welbeck, Trossard yang berdiri di sisi kanan kotak penalti berhasil lolos dari kawalan Trent Alexander-Arnold dengan memutar badan.

Trossard kemudian langsung melepaskan tembakan keras kaki kiri. Tembakan pemain asal Belgia itu meluncur deras masuk ke sisi kiri gawang Liverpool yang dikawal Alisson Becker.

Itu adalah gol ketiga Trossard untuk Brighton musim ini. Hingga menit ke-15, Liverpool hanya mampu melepaskan satu tembakan tepat sasaran berbanding tiga milik Brighton.

Stadio Anfield kemudian mendadak terdiam pada menit ke-17 setelah Trossard mencetak gol keduanya.

Gol kedua Trossard tidak jauh berbeda dari gol pertamanya. Gelandang serang berusia 27 tahun itu kembali mencetak gol lewat tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Bedanya, Trossard mencetak gol keduanya setelah memanfaatkan umpan pendek terukur Solly March.

Tersengat dengan dua gol Trossard, Liverpool langsung meningkatkan tempo serangan. Tepat pada menit ke-33, Liverpool berhasil memperkecil kertetinggalan lewat gol Roberto Firmino.

Menerima umpan Mo Salah, Firmino yang berlari dari lini kedua sukses mencetak gol lewat tembakan keras kaki kanan di dalam kotak penalti.

Tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 1-2 untuk keunggulan Brighton bertahan hingga akhir babak pertama.

HT Liverpool vs Brighton 1-2 (Firmino 33′ / Trossard [4′, 18′])

Susunan Pemain Liverpool Vs Brighton:

Liverpool (4-3-3): 1-Alisson; 66-Alexander-Arnold, 32-Matip, 4-Van Dijk, 21-Tsimikas; 14-Henderson, 3-Fabinho, 6-Thiago Alcántara; 11-Salah, 9-Firmino, 28-Carvalho

  • Cadangan: 2-Gomez, 7-Milner, 13-Adrián, 19-Elliott, 20-Jota, 23-Díaz, 27-Núñez, 29-Arthur, 47-Phillips
  • Pelatih: Juergen Klopp

Brighton (3-4-2-1): 1-Sánchez; 34-Veltman, 5-Dunk, 4-Webster; 7-March, 25-Caicedo, 10-Mac Allister, 30-Estupiñán; 13-Gross, 11-Trossard; 18-Welbeck

  • Cadangan: 2-Lamptey, 6-Colwill, 14-Lallana, 19-Sarmiento, 20-Enciso, 21-Undav, 22-Mitoma, 23-Steele, 27-Gilmour
  • Pelatih: Roberto De Zerbi