Immobile Masalah Besar Italia Jelang Lawan Inggris

Penyerang Italia, Ciro Immobile terus menurun performanya jelang melawan Inggris pada final Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Wembley, London, Senin (12/7) dini hari WIB. Immobile jadi andalan pelatih Roberto Mancini di lini depan Italia. Penyerang Lazio itu diplot sebagai targetman untuk bisa mendulang banyak gol di Euro 2020. Immobile menunjukkan performa mengesankan di dua laga awal fase grup. Mantan pemain Borussia Dortmund itu berhasil mencetak masing-masing satu gol saat Italia mengalahkan Turki dang Swiss dengan skor identik 3-0.

Namun, performa apik itu tidak bisa dipertahankan oleh Immobile. Meski terus jadi starter, Immobile belum lagi mencetak gol ke gawang lawan dalam tiga laga terakhir Gli Azzurri. Immobile mendadak mandul memasuki fase gugur Euro 2020. Penyerang berusia 31 itu tidak mampu menempatkan namanya di papan skor saat Italia menang atas Austria, Belgia, dan juga Spanyol. Saat Italia mengalahkan Austria dan Belgia, Immobile melepaskan tiga tembakan yang belum berujung gol. Namun, ancaman yang diberikan Immobile ke gawang lawan mengalami penurunan saat bersua Spanyol. Immobile tampil mengecewakan karena hanya melepaskan satu usaha untuk mencetak gol. Immobile pun hanya bermain selama 61 menit sebelum posisinya digantikan oleh Domenico Berardi.

Beruntung menurunnya performa Immobile bisa ditutupi oleh Lorenzo Insigne dan Federico Chiesa. Dua ‘pelayan’ Immobile itu justru mampu tampil jadi pembeda dengan gol-gol yang dicetak. Chiesa dan Insigne kini sudah mencetak dua gol. Jumlah gol itu sama dengan yang dikoleksi oleh Immobile sampai dengan sejauh ini.
Melihat tren ini bukan tidak mungkin Mancini akan mempertimbangkan posisi Immobile. Apalagi, Italia masih punya penyerang Torino, Andrea Belotti yang juga bisa jadi opsi di lini depan saat bersua Inggris. Menurunnya performa Immobile sebagai ujung tombak Italia kontras dengan apa yang dialami Harry Kane di timnas Inggris. Sempat mandul di fase grup, Kane kini telah mencetak empat gol hingga babak semifinal Euro 2020.