Indonesia vs UEA: Mabkhout Disebut Bukan Messi

Pelatih timnas Uni Emirat Arab Bert van Marwijk enggan menyamakan bomber Ali Mabkhout dengan Lionel Messi jelang melawan Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Jumat (11/6).

Mabkhout akan menjadi andalan UEA saat menjamu Indonesia di Stadion Zabeel, Dubai, malam ini. Penyerang 30 tahun itu sebelumnya menciptakan hattrick saat UEA membantai Indonesia 5-0 pada pertemuan pertama, 10 Oktober 2019.

Mabkhout sempat menunjukkan ketajaman luar biasa dalam beberapa pertandingan terakhir. Penyerang klub Al Jazira itu sempat mencetak delapan gol dalam tiga pertandingan melawan India, Yordania, dan Malaysia.

Dua gol ke gawang Malaysia membuat Mabkhout menjadi penyerang tersubur dalam sejarah timnas UEA. Bahkan Mabkhout melewati catatan gol internasional Lionel Messi bersama timnas Argentina.

Namun, Van Marwijk enggan menyamakan Mabkhout dengan Messi. Mantan pelatih timnas Belanda itu mengatakan Mabkhout dan Messi dua sosok pemain yang berbeda.

“Tidak ada pemain di atas lapangan yang bisa dibandingkan dengan pemain lain di dunia ini. Setiap pemain punya ciri khas masing-masing, dan saya punya grup pemain yang mampu meraih sukses bersama timnas UEA,” ucap Van Marwijk dikutip dari Al Roeya.

Indonesia akan melawan UEA tanpa didampingi pelatih Shin Tae Yong yang mendapat hukuman akibat akumulasi kartu kuning.Tren positif Mabkhout berhenti saat UEA mengalahkan Thailand pada pertandingan terakhir. Namun, Mabkhout tetap akan jadi ancaman lini pertahanan Indonesia.

Laga melawan UEA merupakan pertandingan terakhir Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Evan Dimas dan kawan-kawan sudah dipastikan gagal lolos ke babak selanjutnya setelah menelan enam kekalahan dan satu hasil imbang di Grup G.