Italia vs Spanyol: Enrique Berharap Tuah Wembley

Pelatih Luis Enrique mengharapkan tuah Stadion Wembley saat Italia vs Spanyol pada pertandingan semifinal Euro 2020 (Euro 2021), Rabu (7/7) dini hari waktu Indonesia.

Enrique kini hanya tinggal dua langkah menuju prestasi terbaiknya bersama timnas Spanyol. Untuk mencapai target tersebut, Enrique perlu melewati ujian Italia.

Dibandingkan dengan Azzurri, La Furia Roja tidak terlalu diunggulkan. Italia lebih dahulu menjadi tim yang mapan bersama Roberto Mancini.

 

Meski demikian, Enrique bisa mengandalkan tuah Stadion Wembley guna menyingkirkan Italia. Wembley adalah stadion saat Enrique meraih kemenangan perdana dalam debutnya bersama Spanyol.

Momen bersejarah itu terjadi pada September 2018, ketika Spanyol dijamu Inggris di UEFA Nations League.

Pada pertandingan pertamanya itu, Enrique mengantarkan Tim Matador menang tipis 2-1 atas Inggris di Wembley lewat gol Saul Niguez dan Rodrigo yang dibalas Marcus Rashford.

Spain players during the penalty shoot out during the Euro 2020 soccer championship quarterfinal match between Switzerland and Spain, at the Saint Petersburg stadium in Saint Petersburg, Friday, July 2, 2021. (Maxim Shemetov /Pool Photo via AP)Spanyol bakal berduel lawan Italia di semifinal Euro 2020 (Euro 2021). (AP/Maxim Shemetov)

Selain pengalaman baik dalam laga debut, pelatih 51 tahun itu juga bisa berharap pada sejumlah pemain Spanyol yang bermain di Liga Inggris.

Dari 10 pemain Spanyol yang bermain di Inggris, lima di antaranya merasakan bermain di Wembley pada musim ini usai lolos ke semifinal piala domestik.

Hanya David de Gea, Adama Traore, Thiago Alcantara, Robert Sanchez, dan Diego Llorente yang belum merasakan rumput Wembley di musim ini.

Sementara itu, meski kalah dari Leicester City di Piala FA, namun Cesar Azpilicueta pernah merasakan gelar juara di Wembley bersama Chelsea, Piala FA 2018 dan Piala Liga Inggris 2015.

Stadion Wembley juga pernah memberikan keberuntungan bagi Thiago Alcantara. Pada 2007 adalah kali pertama Thiago mengenakan jersey Spanyol bersama tim U-16.

Pada 2018 lalu itu juga Thiago Alcantara menjalani debut di bawah Enrique dengan mengenakan nomor punggung 10.