Italia yang Susah Payah dan Bekal Berharga dari Austria

 

Italia benar-benar mendapatkan pelajaran berharga saat menghadapi Austria di babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021), Minggu (27/6) dini hari WIB. Cerita Italia di turnamen ini bahkan bisa saja berakhir di waktu normal.

Gli Azzurri sampai harus membutuhkan waktu 120 menit untuk bisa memastikan kemenangan 2-1 atas Austria pada pertandingan yang digelar di Stadion Wembley, Inggris, tersebut.

Di balik senyum kegembiraan Federico Chiesa dan kawan-kawan di akhir pertandingan, tergambar jelas ketakutan dan kekhawatiran Italia selama menjalani duel sengit melawan Austria.

 

Laga Italia vs Austria benar-benar berimbang dari segi kekuatan. Italia tidak menunjukkan dominasi berlebihan atas Austria, bahkan bisa dibilang hampir tamat andai keberuntungan tidak berpihak pada mereka.

Permainan Italia, khususnya di babak pertama hanya menunjukkan keindahan permainan tapi tak terlihat menyeramkan bagi lawan.

Pasukan Roberto Mancini terlihat masih kurang dari sisi ketajaman dan mental ‘pembunuh’ dari sisi penyerangan. Suasana yang tidak terlihat seperti saat Italia begitu perkasa di babak penyisihan grup.

Di fase grup, Italia sukses melesakkan tujuh gol dalam tiga pertandingan yang mereka sapu bersih dengan kemenangan di Grup A.

Soccer Football - Euro 2020 - Round of 16 - Italy v Austria - Wembley Stadium, London, Britain - June 26, 2021 Italy's Leonardo Spinazzola shoots at goal Pool via REUTERS/Carl RecineItalia memiliki banyak peluang untuk menciptakan gol saat melawan Austria. (REUTERS/CARL RECINE)

Saat menghadapi Austria terlihat serangan Italia kerap terhenti saat mencoba memasuki sepertiga akhir area pertahanan Austria.

Akibatnya, jajaran penyerang lebih banyak hanya bisa melepaskan tembakan dari luar kotak karena mereka kesulitan untuk masuk ke area kotak penalti lawan.

Banyak percobaan tapi tidak ada gol yang mampu diciptakan, situasi ini hampir membuat para pemain Italia frustrasi. Kondisi ini menyebabkan timnas Italia sempat kehabisan akal untuk menembus pertahanan Austria.

Hingga akhirnya, Italia harus membutuhkan waktu 95 menit atau melalui babak tambahan untuk bisa membobol gawang Austria lewat Federico Chiesa.

Pertahanan Austria yang mulai kendor karena upaya lawan yang mencoba mencetak gol balasan juga mampu dimanfaatkan Italia untuk menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat sontekan Matteo Pessina pada menit ke-105.

Dalam pertandingan ini, Italia juga sedikit beruntung karena penyelesaian akhir Austria juga buruk. Austria sejatinya punya beberapa peluang emas untuk mencetak gol, namun masih belum memenuhi sasaran.

Bahkan, Austria mampu membobol gawang Italia lebih dulu lewat striker Marko Arnautovic pada menit ke-65. Untungnya gol tersebut dianulir wasit karena Arnautovic tertangkap VAR telah berada dalam posisi offside.

Kerepotan Italia menghadapi Austria juga menandakan kalau pasukan Roberto Mancini belum teruji melawan tim kuat di turnamen besar.Artinya, Italia masih memiliki beberapa masalah di antaranya persoalan ketajaman dalam menyerang dan kerapuhan di lini pertahanan.

Italia harus berbenah jika tidak ingin terpeleset pada babak selanjutnya. Italia juga tak cukup hanya tampil menghibur, tetapi Gli Azzurri juga harus meningkatkan karakter sebagai penghancur.

Tags :