Jadwal 16 Besar Euro 2020: Kroasia vs Spanyol

Setelah selamat dari fase grup, Spanyol langsung berhadapan dengan Kroasia di babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021). Berikut ini jadwal pertandingan Kroasia vs Spanyol.

Pertandingan kelima babak 16 besar Piala Eropa 2020 ini akan berlangsung di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark pada Senin (28/6) malam. Kick-off pertandingan dijadwalkan dimulai pada pukul 23.00 WIB.

Bagi Kroasia ini kesempatan mengulangi sukses pencapaian pada 1996, 2008, dan 2016. Pertandingan fase gugur ini bahkan bisa jadi jalan untuk merebut trofi internasional pertama usai tumbang dari Prancis di partai final Piala Dunia 2018.

 

Meski begitu, penampilan Luka Modric dan kawan-kawan kurang mengilap. Jangankan menjadi juara grup, untuk lolos ke fase ini Vatreni, julukan Kroasia, harus berjuang hingga pertandingan pemungkas grup.

Beruntungnya Spanyol juga bernasib serupa. La Furia Roja, julukan Spanyol, tertatih-tatih selama babak grup. Tim asuhan Luis Enrique ini baru tampil meyakinkan pada pertandingan pemungkas melawan Slovakia.

Penampilan ciamik ini tak lain karena ruh permainan Spanyol dan juga kapten tim, Sergio Busquets bisa tampil. Dalam dua laga awal pemain Barcelona ini absen karena dideteksi terpapar virus corona sehingga harus dikarantina.

Jika berkaca dari sejarah, Kroasia sedikit di atas angin. Dari delapan pertemuan Kroasia 4 kali menang, sekali imbang, dan tiga laga lainnya dimenangkan Spanyol.

Soccer Football - Euro 2020 - Group E - Slovakia v Spain - La Cartuja Stadium, Seville, Spain - June 23, 2021 Spain's Aymeric Laporte celebrates scoring their second goal with Koke Pool via REUTERS/Marcelo Del PozoTimnas Spanyol saat melawan timnas Slovakia di penyisihan grup Euro 2020 (Euro 2021). (Pool via REUTERS/MARCELO DEL POZO)

Namun, saat bentrok dalam fase gugur, termasuk babak 16 besar Euro 2020, faktor sejarah dan statistik tidak berguna. Hal inilah yang membuat Kroasia dan Spanyol sama-sama optimistis bisa melaju ke babak 8 besar.