Jadwal Euro 2020: Polandia vs Slovakia

 

Pertandingan pembuka Grup E Euro 2020 (Euro 2021) akan mempertemukan timnas Polandia vs timnas Slovakia. Berikut jadwal laga tersebut.

Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, Senin (14/6). Kick-off berlangsung pada pukul 23.00 WIB.

Bagi Polandia, pertandingan ini merupakan sarana untuk membuktikan mereka tak layak diremehkan. Walau menempati peringkat ke-21 FIFA, bukan berarti tim asuhan Paulo Sousa ini tak punya kans mengejutkan.

 

Masalahnya, rapor performa The Eagles, julukan Polandia, tidak mentereng. Dari lima pertandingan selama 2021, Polandia hanya sekali menang. Bahkan, hanya imbang dalam dua laga terakhir sebelum Piala Eropa tahun ini.

Dari tiga kesempatan laga pembuka saat tampil di Euro, 2016, 2012, dan 2008, Polandia hanya sekali menang, sisanya kalah. Sudah begitu, rapor pertemuan dengan Slovakia pun tak memihak.

Slovakia's national team players sing their national anthem during the UEFA Nations League, league B group 2, football match between Israel and Slovakia at the Netanya Municipal Stadium in the Israeli city of Netanya, on September 7, 2020. (Photo by JACK GUEZ / AFP)Slovakia berharap meraih hasil lebih bagus dibandingkan Euro 2016. (AFP/JACK GUEZ)

Dari delapan pertemuan sejak 1995, Polandia hanya menang tiga kali, sekali imbang, dan empat kali kalah. Pertemuan terakhir mereka di Piala Eropa ini pun berakhir kekalahan.

Sebaliknya, Slovakia punya modal cukup menjanjikan. Tim asuhan Stefan Tarkovic ini tak pernah kalah dalam lima laga terakhir selama 2021. Pada awal Juni ini, Marek Hamsik dan kawan-kawan menahan Bulgaria dan Austria.

The Falcons, julukan Slovakia, juga sangat percaya diri bisa melampaui pencapaian di edisi sebelumnya saat mereka mampu lolos ke 16 besar.