Jadwal Filipina vs Indonesia di Piala AFF 2022, Spaso: Kami Butuh Kemenangan untuk Juara Grup

TEMPO.COJakarta – Ilija Spasojevic mengatakan semua pemain Timnas Indonesia harus siap mencetak gol ke gawang Filipina pada Senin, 2 Januari 2023. Indonesia membutuhkan gol sebanyak-banyaknya agar lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai juara Grup A.

“Setiap pemain harus siap ketika berada di depan gawang,” kata Spaso di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu malam, 31 Desember 2022.

Menurut pesepak bola berusia 35 tahun itu, skuad Garuda wajib membuka banyak sumber gol karena memerlukan kemenangan dalam selisih gol yang besar kala melawan Filipina sehingga bisa finis di atas Thailand yang diperkirakan bakal menundukkan Kamboja pada hari yang sama di Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand.

Andai skenario tersebut terjadi, Indonesia dan Thailand akan memiliki poin sama 10 sehingga penentuan peringkat dilakukan berdasarkan selisih gol.

“Kami belum lolos dan membutuhkan kemenangan untuk menjadi juara grup,” kata Spaso.

Jadwal Filipina vs Indonesia

Pertandingan pamungkas Indonesia dalam Grup A Piala AFF 2022 melawan Filipina akan digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin, pukul 20.30 waktu setempat atau 19.30 WIB. Aksi kedua tim akan disiarkan langsung RCTI.

Partai itu penting bagi Indonesia karena menentukan langkah ke fase berikutnya.

Indonesia akan menyegel slot semifinal jika imbang atau menang atas tuan rumah Filipina, sementara untuk menjuarai grup, Indonesia wajib menang besar agar melampaui selisih gol Thailand yang diperkirakan memenangkan pertandingan terakhirnya melawan Kamboja pada hari yang sama.

Indonesia berada pada peringkat kedua Grup A dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8), sedangkan  Thailand memuncaki klasemen dengan tujuh poin tetapi unggul selisih gol (+9).

Kamboja menguntit pada  peringkat ketiga dengan enam poin di atas Filipina dengan tiga poin dan Brunei Darussalam di dasar klasemen dengan nol poin.

Filipina dan Brunei dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2022.