Jelang Swiss vs Spanyol: Enrique Pamer Kesombongan

 

Pelatih Spanyol, Luis Enrique, menjawab pertanyaan-pertanyaan di saat konferensi pers jelang perempat final Euro 2020 (Euro 2021) dengan congkak.

Pertandingan Swiss vs Spanyol yang digelar di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, Jumat (2/7) malam waktu Indonesia merupakan laga perempat final pertama.

Menghadapi pertemuan dengan Swiss yang sebelumnya menundukkan Prancis di babak 16 besar, Enrique menilai Cesar Azpilicueta dan kawan-kawan tak memiliki masalah dalam pertahanan.

 

“Bertahan? Kami adalah salah satu tim dengan pertahanan terbaik di turnamen ini, tidak diragukan lagi. Lihat statistiknya. Ada kesalahan individu tetapi sikap para pemain begitu bagus dan bagaimana kami bertahan dalam 10 menit terakhir begitu memuaskan,” kata Enrique menjawab pertanyaan soal kebobolan tiga gol melawan Kroasia di babak 16 besar.

Spanyol kini tercatat sebagai salah satu negara yang cukup banyak kebobolan di antara perempat finalis lainnya. Gawang Unai Simon sudah kebobolan empat kali atau hanya lebih baik jika dibanding Swiss yang jebol delapan kali, serta Ukraina yang kebobolan enam gol.

Dalam sesi yang sama, seorang jurnalis juga bertanya apakah Enrique melihat ada tim yang lebih bagus ketimbang anak asuhnya.

Sempat diam sejenak, Enrique kemudian menjawab singkat, “Tidak.”

Mantan pemain Real Madrid dan Barcelona itu juga mementahkan argumentasi reporter lain soal Swiss yang sempat menyulitkan Spanyol dalam dua pertandingan UEFA Nations League tahun lalu yang berakhir dengan kemenangan 1-0 dan imbang 1-1.

“Saya tidak setuju dengan analisis Anda. Di Madrid khususnya kami jauh superior dibanding mereka, meski hasil 1-0 tidak merefleksikan hal itu. Saya rasa kami bermain baik dalam dua pertandingan melawan Swiss,” ujar Enrique.

Mantan pelatih Barcelona itu juga menyebut timnas Spanyol harus membenahi kinerja di area pertahanan lawan guna meraih hasil memuaskan.Spanyol melaju ke perempat final Euro 2020 setelah menang 5-3 atas Kroasia dalam laga 16 besar yang harus memainkan babak tambahan 2×15 menit setelah di waktu normal skor sama kuat 3-3. Sebelumnya di fase grup, Spanyol menjadi runner up Grup E dengan koleksi lima poin hasil sekali menang dan dua kali imbang.