Jordan Pickford, Pahlawan Inggris yang Belum Bobol di Euro

 

Kiper Inggris Jordan Pickford jadi pahlawan tim saat mengalahkan Jerman 2-0 pada 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Wembley, London, Selasa (29/6).

Pickford kembali jadi pilihan utama di bawah mistar The Three Lions. Kepercayaan yang diberikan pelatih Gareth Southgate itu mampu dijawab oleh Pickford dengan penampilan gemilang.

Kiper Everton itu total membuat tiga penyelamatan yang membuat para pemain Jerman gigit jari. Dua di antaranya bahkan krusial membuat Inggris tidak tertinggal lebih dulu di laga ini.

Momen pertama terjadi pada pertengahan babak pertama. Kiper berusia 27 itu berhasil menghalau tembakan ke arah gawang yang dilakukan oleh Timo Werner.

Werner coba melepaskan tendangan menggunakan kaki kiri dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan terobosan Kai Havertz. Werner coba mengarahkan bola ke sisi kanan gawang tetapi masih bisa diblok dengan kaki oleh Pickford sembari menjatuhkan diri.

Penyelamatan berikutnya dilakukan Pickford pada awal babak kedua. Bola kemelut di kotak penalti Inggris langsung disambut dengan tendangan first time oleh Havertz yang berada di luar kotak penalti.

Bola tendangan pemain Chelsea itu meluncur deras ke arah gawang Inggris. Namun, Pickford dengan sigap menepis tembakan Havertz sambil melakukan aksi akrobatik.

Dua penyelamatan gemilang yang dilakukan Pickford krusial dalam memelihara peluang Inggris lolos ke perempat final. Pickford dkk akhirnya bisa memenangi pertandingan berkat dua gol yang dicetak oleh Raheem Sterling dan Harry Kane.

Kinerja bagus Pickford jadi modal untuk melangkah lebih jauh di Euro 2020. Inggris akan ditantang Ukraina di babak perempat final, Minggu (4/7) dini hari WIB.Penampilan apik yang ditunjukkan Pickford melanjutkan catatan bagusnya di Euro 2020. Mantan pemain Sunderland itu belum kebobolan dari empat laga yang sudah dilakoni Inggris.