Kado Indah Denmark untuk Eriksen, Lolos ke 16 Besar Euro 2020

 

Timnas Denmark memberikan hadiah terbaik untuk Christian Eriksen setelah readyviewed memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021).

Denmark memulai kiprah di Grup B Euro 2020 dengan cerita yang kurang menyenangkan. Tim Dinamit justru dikejutkan dengan insiden Eriksen pingsan di tengah lapangan saat laga melawan Finlandia.

Gelandang Inter Milan itu jatuh tanpa mengalami benturan jelang akhir babak pertama di Stadion Parken, Copenhagen, 12 Juni lalu. Insiden itu sempat membuat suasana stadion mencekam.

 

Beruntung berkat penanganan yang sigap dari rekan setimnya, Simon Kjaer dan tim medis, nyawa Eriksen bisa terselamatkan. Eriksen langsung dilarikan ke rumah sakit dan setelah dilakukan pemeriksaan medis diketahui ia sempat mengalami henti jantung.

Insiden Eriksen itu sempat membuat laga melawan Finlandia terhenti. Saat pertandingan dilanjutkan, Kjaer dkk justru takluk 0-1 di akhir pertandingan dari Finlandia.

Kekalahan itu tidak membuat Denmark lantas terpuruk. Tim yang diarsiteki Kasper Hjulmand coba merangkai asa untuk lolos ke babak 16 besar saat bersua Belgia.

Denmark's Christian Eriksen runs during the Euro 2020 soccer championship group B match between Denmark and Finland at Parken stadium in Copenhagen, Denmark, Saturday, June 12, 2021. Eriksen collapsed on the pitch and received medical assistance before being taken to hospital. (Wolfgang Rattay/Pool via AP)Timnas Denmark memberikan hadiah indah berupa tiket 16 besar Euro 2020 untuk Christian Eriksen. (AP/Wolfgang Rattay)

Denmark yang bermain dengan dukungan penuh di Stadion Parken bermain luar biasa selama 90 menit. Denmark sempat unggul lebih dulu melalui gol cepat Yussuf Poulsen tetapi kemudian harus kalah karena Belgia bisa membalas melalui gol Thorgan Hazard dan Kevin De Bruyne.

Kekalahan dari Belgia membuat Denmark terpuruk di posisi juru kunci. Juara Piala Eropa 1992 itu harus menerima kenyataan menempati posisi paling buncit meski memperlihatkan penampilan yang mengesankan di dua laga awal.

Dalam situasi terjepit, Denmark dihadapkan pada laga wajib menang melawang Rusia untuk melangkah ke fase selanjutnya. Kemenangan sembari berharap hasil buruk yang dialami Finlandia saat bersua Belgia akan melapangkan jalan mereka ke fase gugur.

Situasi yang dialami Denmark tidak menyenangkan. Meski mendominasi penguasaan bola, Denmark tak kunjung mampu membobol gawang Rusia. Kebuntuan baru pecah saat Mikkel Damsgaard yang mengisi posisi Eriksen menggetarkan gawang Rusia.

Setelah itu, Poulsen mencetak gol kedua di babak kedua. Rusia sempat memperkecil kedudukan melalui Artem Dzyuba, tetapi Denmark terlanjur di atas angin dan bisa menambah dua gol lagi melalui Andreas Christensen dan Joakim Maehle.