Keajaiban 5 Menit Indonesia Tekuk Thailand di Era Riedl

Timnas Indonesia terakhir kali mengalahkan Thailand di leg pertama final Piala AFF 2016 kala masih diarsiteki mendiang Alfred Riedl.

Timnas Indonesia yang tidak difavoritkan berhasil mengalahkan Thailand 2-1 di Stadion Pakansari, Bogor, 14 Desember 2016. Tim Merah Putih tampil enerjik untuk membuat Thailand bertekuk lutut.

Timnas Indonesia mampu mengimbangi permainan Thailand di hadapan puluhan suporter. Namun, anak asuh Riedl harus tertinggal lebih dahulu pada pertengahan babak pertama.

 

Umpan silang yang diberikan Theerathon Bunmathan mengarah tepat ke arah Teerasil Dangda. Striker berpengalaman Gajah Perang itu lantas melepaskan sundulan terarah yang tidak mampu dibendung Kurnia Meiga.

Timnas Indonesia yang tertinggal 0-1 di paruh pertama coba memburu gol penyama kedudukan. Upaya itu membuahkan hasil ketika Rizky Pora menyamakan kedudukan jadi 1-1 pada menit ke-65.

Timnas Indonesia vs Oman pada laga uji coba di Dubai (29/5/2021)Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand dalam kualifikasi Piala Dunia 2022. (Media PSSI)

Bola tembakan Rizky dari luar kotak penalti menembus sisi kiri gawang Kawin Thamsatchanan. Gol itu membuat suporter yang memadati Stadion Pakansari bersorak penuh sukacita.

Sukacita pendukung tim Garuda makin berlipat lima menit berselang. Berawal dari situasi sepak pojok, Timnas Indonesia mampu membalikkan skor menjadi 2-1.

Sepak pojok yang dikirimkan Rizky Pora mampu disambar oleh bek tengah, Hansamu Yama Pranata. Pemain yang kini memperkuat Bhayangkara Solo FC itu mampu memenangi duel udara untuk merobek gawang Thailand.

Gol Hansamu membuat Timnas Indonesia berhasil membalikkan keadaan dalam waktu lima menit. Kemenangan dengan skor 2-1 itu diharapkan jadi modal untuk meraih hasil bagus di leg kedua final meski akhirnya tidak kesampaian.

Timnas Indonesia menelan kekalahan 0-2 saat bermain di Stadion Rajamangala, markas Thailand. Hasil itu membuat agregat berubah jadi 3-2 sekaligus membuat Timnas Indonesia gagal meraih trofi Piala AFF untuk kali pertama.