Kemenangan Atas Ukraina, Peringatan untuk Belanda

 

Timnas Belanda mendapatkan peringatan penting dari Ukraina usai menang tipis 3-2 pada pertandingan Grup C Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Johan Cruyff Arena, Senin (14/6) dini hari WIB.

Tim Oranye yang lebih diunggulkan atas Ukraina menunjukkan dominasinya dalam pertandingan itu. Dalam menyerang, kualitas Belanda tidak perlu diragukan lagi.

Saat pertandingan berjalan 20 menit, Belanda sudah melepaskan tujuh tembakan, dua di antaranya on target. Memphis Depay dan Denzel Dumfries secara bergantian memberikan tekanan kepada Ukraina.

 

Akan tetapi, peluang emas itu Belanda kerap patah di tangan kiper George Bushchan yang tampil cukup solid di bawah mistar The Main Team, julukan Ukraina.

Penampilan impresif Belanda berlanjut hingga babak pertama usai. Akan tetapi, gawang Ukraina yang dikawal Bushchan tetapi belum bisa bergetar.

Belanda baru bisa membobol gawang Ukraina usai melonggarkan pertahanan tim lawan. Pergerakan Dumfries di sisi kanan menarik perhatian dua pemain Ukraina.

Netherlands' Denzel Dumfries, left, celebrates scoring their third goal during the Euro 2020 soccer championship group C match between Netherlands and Ukraine at Johan Cruijff Arena in Amsterdam, Netherlands, Sunday, June 13, 2021. (AP Photo/Olaf Kraak, Pool)Belanda mendapat perlawanan sengit dari Ukraina. (AP/Olaf Kraak)

Sial bagi tim asuhan Andriy Shevchenko itu, Dumfries bisa melepaskan umpan silang ke kotak penalti, ke arah Memphis Depay.

Umpan Dumfries itu bisa jadi tidak berbuah gol seandainya bisa disapu bersih Alexander Karaev yang tengah menjaga Depay. Akan tetapi, kenyataannya berbeda lantaran operan Dumfries dipotong kiper Bushchan.

 

Niat Bushchan menggagalkan peluang Belanda justru berbuah petaka. Penyelamatan Bushchan tidak sempurna, bola liar yang bergulir di depan gawang bisa dimanfaatkan Georginio Wijnaldum jadi gol di menit ke-52.

Gol Belanda itu sepertinya sukses meruntuhkan konsentrasi Ukraina yang begitu solid bertahan di babak pertama. Pasalnya, tujuh menit usai gol Wijnaldum, readyviewed Belanda bisa menambah skor menjadi 2-0 lewat gol Wout Weghorst.

Proses gol Weghorst juga sama dengan Wijnaldum, berasal dari sektor kanan, melalui pemain yang sama, yaitu Denzel Dumfries.

Lewat gol Weghorst itu, Belanda seolah sudah memegang kunci kemenangan dan mengetahui kelemahan Ukraina di sektor kiri pertahanan mereka.