Kepulauan Seribu Promo Mirip Maldives, Undang Wisatawan Tiba di Natal dan Tahun Baru 2023

TEMPO.COJakarta – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu memperketat protokol kesehatan di pintu kedatangan maupun keberangkatan wisatawan pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi dalam keterangannya di Jakarta Utara, Sabtu, 10 Desember 2022, mengatakan, pengawasan protokol kesehatan (prokes) dilakukan di setiap pelabuhan keberangkatan dari Pelabuhan Kali Adem, Marina Ancol maupun Pelabuhan Tanjung Pasir dan Pelabuhan Cituis, Rawasaban, Tangerang.

Pengawasan ini melibatkan unsur Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) maupun Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Junaedi meyakini wisatawan domestik dan mancanegara akan ramai berkunjung ke pulau-pulau wisata di Kepulauan Seribu pada libur Natal dan tahun baru nanti.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu telah gencar mempromosikan pariwisata di mal-mal kawasan Jabodetabek melalui “Jakarta Kepulauan Seribu Travel Fair” yang ditutup pada Jumat di Baywalk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

“Melalui Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu sudah melakukan berbagai promosi di mal-mal Jabodetabek untuk menarik kunjungan wisatawan,” ujar Junaedi.

Promosi-promosi wisata seperti itu terus digencarkan sehingga masyarakat luar Jakarta mengetahui ada tempat wisata bagus di Jakarta yang mirip seperti Pulau Maladewa atau Maldives.

Namun, Junaedi mengimbau para wisatawan yang datang berlibur ke Kepulauan Seribu tetap mematuhi prokes. Saat ini Jakarta masih berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.